Peduli Ekonomi Rakyat, Hj. Aisyah Lilia Agustina, M.Si Adakan Workshop UMKM

LINTASJATIM.com, MadiunAnggota DPRD Jatim Hj. Aisyah Lilia Agustina, M.Si bertemu dengan warga Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun pada Sabtu (26/8/2023) pagi di hotel kartika Jl. Pahlawan No.54, Manguharjo, Kota Madiun.

Acara yang dikemas dengan Workshop UMKM dan Koperasi tersebut bertujuan untuk mempererat silaturahim dan peningkatan pengetahuan serta pengembangan UMKM yang ada di Kecamatan kartoharjo.

Bacaan Lainnya

Acara dengan tema “Refleksi Hari Kemerdekaan Sebagai Kemandirian Ekonomi” itu dihadiri Pengiat Kesehatan Kecamatan Tamanan, Gus Hadi serta Ketua Pengurus Pusat HPN Bidang Ekonomi Syariah Abdullah Muhdi.

Anggota DPRD Jatim Hj. Aisyah Lilia Agustina, M.Si dalam Paparannya “Mencatat pelaku usaha yang sukses itu sangat mudah. Tapi harus diikuti dengan menarik mereka yang belum sukses supaya bisa menjadi sukses.

“Oleh karena itu, sekarang kita harus berfikir agar UMKM yang belum lolos lubang jarum itu dapat lebih dimaksimalkan potensinya,” tandasnya.

Menurut Gus Muhdi, seluruh pihak harus bergerak bersama agar pelaku usaha UMKM dapat memberi dampak positif ekonomi di lingkungannya. Butuh banyak bantuan dan campur tangan dari pemerintah kepada pelaku usaha UMKM, supaya mereka tahu apa yang harus dilakukan terhadap produknya, lebih memahami bagaimana menjadi wirausaha, mengakses perbankan, dan lain-lain.

“Masih banyak pelaku usaha yang belum berpikir jauh ke depan, sehingga usahanya menjadi kerdil. Pola pemikiran seperti itulah yang harus diubah dan diberikan pemahaman, bahwa supaya lebih maju, UMKM harus memiliki ikhtiar dan obsesi yang tinggi. UMKM tidak bisa dipandang sebelah mata,” terangnya.

Gus Muhdi juga menegaskan perayaan HUT RI oleh masyarakat Indonesia tidak hanya bermakna strategis bagi penumbuhan kesadaran kebangsaan Indonesia yang merdeka saja. Namun dapat pula menjadi momentum bagi UMKM untuk meningkatkan penjualan dan memperluas jaringan bisnis mereka.

“Hal ini terlihat dari banyaknya pedagang kecil atau yang lebih dikenal dengan istilah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang memanfaatkan momen ini untuk mempromosikan dan menjual produk mereka langsung di tempat-tempat pusat keramaian perayaan HUT RI,” tandasnya.

Rutinitas perayaan HUT Kemerdekaan RI ini khususnya dalam upaya pengembangan ushawan kecil dan menengah di Indonesia akan sangat penting dan dalam jangka panjang, perbaikan ekonomi UMKM selama perayaan HUT RI dapat membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia secara keseluruhan.

Pos terkait