Inilah 21 Desa Terdampak Tol Kertosono-Kediri, Nganjuk 16 Desa, Kediri 5 Desa

jalan tol kertosono
jalan tol kertosono

LINTASJATIM.com, Nganjuk Pemerintah akan membangun ruas tol Kertosono-Kediri sepanjang 20,7 Km. Jalan bebas hambatan tersebut akan tersambung dengan ruas tol Ngawi Kertosono di Nganjuk.

“Total Desa terdampak ada 21 Desa untuk proyek ruas tol Kertosono Kediri sepanjang 20 7 Km. Nanti akan menghubungkan ruas tol Ngawi Kertosono ke arah Kediri,” ujar Tim PPK Pengadaan Tanah Jalan Tol Mantingan – Kertosono, Kertosono – Mojokerto dan Kertosono – Kediri, Kartika Sari saat dikonfirmasi detikJatim, Rabu (28/6/2023).

Pembangunan ini berdampak pada 21 desa. Rinciannya 16 Desa masuk wilayah Nganjuk. Sedangkan untuk wilayah Kediri, ada 5 Desa terdampak proyek ruas tol tersebut.

“Ada 16 desa masuk wilayah Nganjuk dan 5 desa ikut wilayah Kediri yang saat ini dalam proses pembebasan lahan,” kata Kartika.

Kartika mengatakan saat ini dalam pengerjaan ruas tol Kertosono Kediri tersebut masih tahap proses pembebasan lahan. PPK masih melakukan upaya musyawarah dengan warga terkait harga tanah yang lahannya terdampak tol Kertosono Kediri.

“Untuk saat ini kami menginjak tahap apraisal penilaian lahan. Untuk Nganjuk 16 Desa dan Kediri 5 Desa terdampak,” jelas Kartika.

Disebutkan Kartika, untuk 16 desa di Nganjuk tersebar di 3 Kecamatan yakni Sukomoro, Tanjunganom dan Prambon. Sedangkan 5 Desa di Kediri tersebar di dua Kecamatan yakni Banyak 4 desa dan Grogol 1 desa.

“Untuk kecamatan di Nganjuk ada tiga terdampak dari 16 desa tersebut sedangkan wilayah Kediri ada dua kecamatan dari lima Desa terdampak,” tandas Kartika.

Kartika menambahkan 21 desa yang terdampak ruas tol Kertosono Kediri sepanjang 20,7 Km dengan luas sekitar 2.210.774 meter persegi. Luas lahan tersebut dengan anggaran pembebasan lahan sekitar Rp 900 miliar.

“Luas sekitar 2,2 juta meter persegi dengan nilai pengadaan tanah sekitar Rp 900 miliar,” papar Kartika.

Saat ditanya apakah dana anggaran pembebasan lahan akan bertambah Kartika mengaku bisa terjadi. “Bisa saja mengingat tiap tahun juga harga tanah berubah harganya,” tandas Kartika.

Berikut 21 desa di Nganjuk dan Kediri yang terdampak ruas tol Kertosono-Kediri:

16 desa di 3 Kecamatan di Kabupaten Nganjuk;

1 Kecamatan Sukomoro
Meliputi Desa sambirejo, Nglundo, Kedungsoko,
2. Kecamatan Tanjunganom
Meliputi Desa Banjar Anyar, Ngadirejo, Wates, Sumberkepuh
3. Kecamatan Prambon
Meliputi Desa Rowoharjo, Sugihwaras, Sanggrahan, Tanjung Tani, Baleturi, Tegaron, Singkal Anyar, Gondanglegi dan Watudandang.

5 desa di dua Kecamatan Kabupaten Kediri;

1. Kecamatan banyakan
Meliputi Desa Ngablak, Maron, Banyakan dan Sendang
2. Kecamatan Grogol
Hanya meliputi satu desa terdampak yakni Desa Bakalan

Pos terkait