Hasil Tes Kesehatan Kedua Calon Bupati Banyuwangi Resmi Diumumkan KPU

LINTASJATIM.com, Banyuwangi – Setelah tahap pemeriksaan Kesehatan pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati dalam Pilkada Banyuwangi 2024 sudah tuntas dilakukan akhirnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuwangi resmi mengumumkan hasil penelitian administrasi dan hasil pemeriksaan kesehatan para calon, Jumat (6/8/2024).

Komisioner KPU Banyuwangi Divisi Teknis Anang Lukman Afandi menjelaskan bahwa dua pasangan calon yang resmi mendaftar di KPU Banyuwangi selama masa pendaftaran pada 27-29 Agustus 2024 lalu yaitu Pasangan kedua itu adalah Ipuk Fiestiandani – Mujiono dan KH Ali Makki Zaini – Ali Ruchi.

Bacaan Lainnya

“Berkas pendaftaran kedua pasangan calon tersebut sudah dinyatakan lengkap dan bisa diterima. Selanjutnya kedua paslon juga telah menjalani pemeriksaan kesehatan di RS Saiful Anwar Malang.

Sejak 27 Agustus – 2 September 2024 langsung dilakukan penelitian administrasi, termasuk hasil pemeriksaan kesehatan di RS Saiful Anwar Malang,” terang Lukman.

Sementara itu, Ketua KPU Banyuwangi Dian Purnawan saat melakukan jumpa pers hari Jum’at,(06/09/2024) menegaskan, pihaknya telah melakukan rapat pleno tentang hasil penelitian administrasi dan pemeriksaan kesehatan.

“Hasilnya dari dua pasangan calon, pertama dari Ipuk Fiestiandani – Mujiono dan kedua pasangan calon KH Ali Makki Zaini – Ali Ruchi telah memenuhi syarat dan bisa diterima,” ucap Dian

Terhitung selama 6-14 September 2024 sebetulnya memasuki tahapan perbaikan berkas pasangan calon. Tetapi KPU Banyuwangi sudah menyatakan lengkap.

“Karena berkas sudah bisa diterima sehingga tahapannya langsung dilanjutkan ke tanggapan masyarakat pada 15-18 September 2024,” jelas Dian Purnawan.

“Kita belum menetapkan pasangan calon. Menunggu tahapan tanggapan dari masyakarat. Jika tidak ada tanggapan dari masyarakat, maka selanjutnya akan ditetapkan pada 22 September 2024 dan esoknya langsung digelar pengundian nomor urut,” tutur Dian Ketua KPU Banyuwangi.

Pos terkait