Sirup Empon-empon Produk BUMDes Ini Jadi Formula Atasi Corona

Sirup Empon-empon Produk BUMDes Popoh Sidoarjo

LINTASJATIM.com, Sidoarjo – Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur Achmad Amir Aslichin melakukan kunjungan di beberapa Desa di Kabupaten Sidoarjo.

Kunjungan itu merupakan agenda mas Iin sapaan akrab anggota komisi B DPRD Provinsi Jatim untuk menggali potensi desa yang ada di Kabupaten Sidoarjo.

Bacaan Lainnya

Potensi yang dimiliki oleh desa diharapkan mampu menunjang peningkatan ekonomi masyarakat di Jatim khususnya di Kabupaten Sidoarjo.

“Kami berharap potensi desa yang dapat dikelolah oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) itu dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di Kabupaten Sidoarjo khususnya,” ujar mas Iin, Rabu (205/2020).

Menurut mas Iin, upaya yang dilakukan oleh BUMDes ‘Rukun Maju’ Desa Popoh adalah salah satu usaha kecil yang bisa dilakukannya untuk merespon wabah Covid-19 yakni produk sirup.

Selain meningkatkan imunitas tubuh, sirup herbal dari empon-empon diharapkan dapat menjadi produk unggulan BUMDes Popoh dalam menjaga stabilitas perekonomian di desa Popoh umumnya di Kabupaten Sidoarjo.

“Kita dukung bersama upaya BUMDes ini untuk mendongkrak perekonomian warga Desa yang terdampak. Semoga wabah Covid-19 segera berakhir agar perekonomian warga yang terdampak dapat segera membaik seperti sedia kala,” ungkapnya.

Sebelumnya Direktur BUMDes Popoh Nur Kholis mengatakan, selain produk sirup BUM milik desa itu juga mempunyai unit usaha Catering. Pasar utamanya adalah jam’iyah kubroan ibu-ibu organisasi keagamaan.

“Dampak Corona, Jam’iyah sepi, Physical Distancing. Hasil penjualan Nasi Chatering menurun drastis. Dari sinilah kami mempunyai ide untuk memproduksi Sirup herbal dari empon-empon yang bahan bakunya sudah ditanam oleh warga,” papar Nur Kholis.

BUMDes Popoh, merespon dampak Covid-19 dengan memproduksi Sirup Herbal yang terbuat dari Jahe Merah, Kunyit, Temulawak, Serai, Kayu Manis dan Lemon.

Produksi Sirup Herbal yang bahan bakunya ditanam oleh warga Desa Popoh tersebut diharapkan mampu mendongkrak perekonomian warga yang sebelumnya mempunyai unit usaha Catering.

“Harapan kedepan dengan perhatian mas Iin anggota DPRD Provinsi Jatim, produk Sirup empon-empon BUMDes kami dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,” tegas Kholis saat dikunjungi mas Iin bulan kemarin (14/4/2020). (Coi/Stj)

Pos terkait