Ingin Indonesia Makmur? Ayo Bayar Pajak

02 Nov 2017
1451 times

Lintasjatim.com, Opini - Pembangunan Nasional merupakan pembangunan yang berlangsung terus-menerus dan berkesinambungan, yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan Masyarakat baik secara materil maupun secara spiritual. Untuk dapat merealisasikan tujuan tersebut, maka negara sendiri harus menggali sumber dana dari dalam negeri berupa Pajak.

Pajak merupakan bentuk Pendapatan Negara yang salah satu tujuannya adalah untuk mencapai kondisi meningkatnya ekonomi suatu negara serta untuk mengurangi ketimpangan ekonomi. Oleh karena itu, membayar pajak sangatlah penting bagi masyarakat tentunya kita sebagai Warga Negara Indonesia. Tetapi kesadaran dan kepedulian Masyarakat sendiri dalam membayar pajak sangat sulit untuk di wujudkan. Padahal masyarakat sendiri dituntut untuk melaksanakan kewajiban kenegaraan dengan membayar pajak secara rutin dengan penuh kesadaran sebagai aktualisasi semangat gotong-royong atau meningkatkan solidaritas nasional untuk membangun perekonomian nasional.

Pada umumnya masyarakat belum sadar akan pentingnya wajib pajak terhadap pembangunansehingga terkesan menyepelekan. Selain itu, adanya tindak korupsi oleh pejabat perpajakan membuat masyarakat semakin tidak percaya.

Sesuai dengan falsafah undang-undang perpajakan, membayar pajak bukan hanya kewajiban, tetapi hak dari setiap warga negara untuk ikut serta dalam berpartisipasi dan berperan aktif terhadap pembiayaan negara dan pembangunan nasional. Padahal secara tidak langsung dengan adanya wajib pajak ini masyarakat sudah merasakan kesejahteraan terhadap effect yang didapat dalam adanya pembayaran wajib pajak tersebut. Contohnya yang bisa kita rasakan bersama yakni seperti adanya pembangunan “infrastruktur dan sarana umum” jalan raya, TOL, jembatan, lampu penerang jalan, sekolah, rumah sakit, biaya kesehatan, BBM, gaji pegawai negeri (PNS), biaya pendidikan dan sebagainya.

Jadi semakin banyak pajak yang dipungut, maka semakin banyak pula fasilitas/sarana prasarana dan infrastruktur yang dibangun. Untuk itu Tanpa adanya pajak, sebagian besar kegiatan negara akan sulit terealisasi.

Karena itu, sudah sepantasnya kita sebagai warga negara yang baik untuk taat dalam pembayaran wajib pajak. Untuk meningkatkan kesadaran masyarakatnya sendiri mengenai pentingnya pajak, baik di lihat dari segi pemungutan pajak maupun manfaat yang didapat, maka perlu juga diadakan sosialisasi dan edukasi mengenai pentingnya pajak secara terus-menerus, memasang spanduk, pamflet, dengan tujuan agar masyarakati sadar akan pentingnya wajib pajak seperti  PBB “pajak bumi bangunan, pajak ruko, Mall, Pasar, Apartement, pajak pegawai, pajak kantoran dan lain sebagainya.

Pemerintah sudah memberikan kemudahan dalam pelayanan perpajakan.Pemerintah juga sudah berupaya secara optimal dengan cara membuka pembayaran melalui sistem online, hal ini dilakukan agar aliran dana pajak bisa terpantau sehingga kekeprcayaan masyarakat terhadap lembaga pajak makin menguat.

Atas dana tersebut masyarakatnya pun juga harus mengetahui bahwa pajak yang dibayar oleh rakyat langsung masuk ke kas negara dan dipergunakan negara untuk kepentingan umum, dan biaya penyelenggaraan negara. Sehingga perlu adanya pengawasan dari masyarakat yang mempunyai kesadaran dalam pembayaran pajak, apakah pajak tersebut sudah di salurkan dengan benar atau tidak. Jika terjadi penyimpangan terhadap kegunaan hasil pajak tersebut kita sebagai warga negara harus bertindak tegas melaporkan stakeholders/ pihak yang berwenang.*

*Penulis: Intan Kurnia Sari

Mahasiswa FakultasIlmu Sosial Dan Ilmu Politik, StudyIlmu Administrasi Publik, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo 

Rate this item
(1 Vote)

3 comments

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Lintas Jatim merupakan portal berita yang menyajikan berbagai informasi aktual seputar peristiwa atau kegiatan yang ada di Jawa Timur.

6251425
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
6713
9329
67667
6042812
172817
275767
6251425
Your IP: 54.161.77.30
2018-10-21 17:50