KH. Dhofir Dahroni Pendiri Majelis Ta'lim Nurul Iman Wonoayu, Sidoarjo

12 Aug 2017
224 times

lintasjatim.com, Sidoarjo - Sejarah panjang perjalanan bangsa Indonesia tidak lepas dari peran pondok pesantren dan madrasah. Ratusan tahun sejak 1826 masehi, pahlawan Diponegoro bersama para santrinya mempertahankan budaya melalui pondok pesantren yang tersebar dipenjuru Indonesia. Sampailah pada tahun 1926 masehi lahirlah jami'yyah diniyah nama saat itu yang kini disebut dengan organisasi Nahdlatul Ulama (NU).

NU didirikan oleh para kiai dari berbagai pondok pesantren di Indonesia seperti KH. Hasyim Asy'arie, KH. As'ad Syamsul Arifin, KH. Abdul Wahab Hasbulloh, KH. Bisri Syansuri dan para kiai lainnya. Dari sejarah kelahirannya, NU dan pondok pesantren tidak bisa dipisahkan. NU dan pesantren senantiasa mengawal tegaknya budaya luhur bangsa Indonesia dan juga NKRI. Banyak dari pengurus NU yang mempertahankan warisan sejarah pesantren ditengah masyarakat dengan mendirikan, Madrasah Diniyah atau Majelis Ta'lim.

Majelis Ta'lim Nurul Iman Semambung Wonoayu Sidoarjo adalah salah satu upayah tokoh NU Sidoarjo, KH. Dhofir Dahroni dalam meneruskan perjuangan para kiai dalam mengawal budaya kepesantrenan. Majelis Ta'lim yang didirikan oleh Musytasar NU Kecamatan Wonoayu itu berdiri sejak 2004 dengan jamaah empat ratus orang yang berasal dari berbagai daerah di Wonoayu itu. Meski belum lama berdiri Tujuan KH. Dhofir Dahroni mendirikan majelis ta'lim tersebut tidak lain untuk melestarikan ajaran luhur para pendiri NU dalam mengawal budaya kepesantrenan yaitu dengan mengajarkan berbagai disiplin ilmu untuk masyarakat awam didaerahnya.

"Majelis Ta'lim Nurul Iman ini merupakan upayah kami dalam meneruskan khazanah kepesantrenan ditengah-tengah masyarakat," tutur KH. Dhofir Dahroni yang juga pengurus MUI Kabupaten Sidoarjo itu saat dikonfirmasi lintasjatim.com, Sabtu pagi 12 Agustus 2017 di rumah KH. Dhofir Dahroni.

Majelis Ta'lim Nurul Iman Semambung, Wonoayu Sidoarjo, mengajarkan banyak disiplin keilmuan pada masyarakat setempat diantaranya; kitab salaf, seni qosidah, banjari, muhadhoro, musabaqoh tilawatil quran (MTQ), dan juga spiritual tenaga dalam bagi para pemuda Ansor setempat yang ingin menimba ilmu di majelis ta'lim tersebut.

KH. Dhofir Dahroni pendiri Majelis Ja'lim Nurul Iman sebagaimana dilansir oleh lintasjatim.com, merupakan salah satu tokoh NU yang banyak berkiprah didunia pendidikan dan spiritual. Ia termasuk ketua yayasan MI Miftahul Jinan Semambung, Pembina Ansor Semambung, Musytasar MWCNU Wonoayu, komisi I MUI Kabupaten Sidoarjo dan juga jajaran Syuriyah PCNU Sidoarjo.

Dalam ilmu spiritual, KH. Dhofir Dahroni mengajarkan kepada jamaahnya untuk senantiasa memegang teguh empat prinsip yaitu Sabar, Qonaah (menerima dengan senang hati apa yang dianugerahkan oleh Allah SWT), Dermawan dan juga Bersungguh-sungguh.

Sebagai pembina Ansor, Prinsip tersebut juga diberikan oleh KH. Dhofir Dahroni kepada Ansor Semambung. Prinsip yang diajarkan oleh KH. Dhofir Dahroni itu diimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Aktif mengajarkan spiritual kepada santrinya, Ia menolak untuk dijadikan sebagai Rais Syuriyah PCNU Sidoarjo. Terpilih sebagai Rais Syuriyah NU pada forum ahlul halli wal aqdi (AHWA) pada konferensi PCNU Sidoarjo 29 Oktober 2016 lalu, KH. Dhofir Dahroni menolak, ia lebih melihat bahwa masih banyak kiai sepuh di Sidoarjo yang lebih pantas menurutnya untuk mengemban amanah itu.

Pesantren dan madrasah juga majelis ta'lim merupakan aset bangsa Indonesia yang telah berkiprah ratusan tahun sebelum bangsa ini merdeka. Lembaga tersebut terus bergerak untuk melestarikan budaya luhur bangsa dari pengaruh peradaban dunia. Meski keberadaannya tidak banyak diakui oleh modernisasi pemerintah, namun lembaga pendidikan pesantren, diniyah dan juga majelis ta'lim telah banyak berkontribusi dalam menyawal budaya Nusantara dan kemerdekaan Republik Indonesia.

Rate this item
(0 votes)

1 comment

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Lintas Jatim merupakan salah satu portal berita di Jawa Timur yang menjadi rujukan masyarakat di Jawa Timur dan Indonesia. Informasi ter-Update serta penyajian yang mudah dipahami oleh semua kalangan.

3723475
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
All days
8070
9944
35992
3540221
192704
3723475
Your IP: 54.161.108.158
2017-11-22 18:19