28 Kambing Hilang Terseret Lumpur di Kawasan Ijen

Banjir Lumpur di Kawasan Ijen
Banjir Lumpur di Kawasan Ijen

LINTASJATIM.com, Bondowoso – Banjir bandang menerjang kawasan Ijen. Puluhan ternak warga sekitar tersapu air sungai bercampur lumpur. Ternak pun hanyut dan hilang.

“Data sementara, ada sekitar 28 kambing yang hanyut dan hilang. Ini masih proses pendaataan terus,” jelas Kapolsek Ijen AKP Hadi Siswoyo saat dikonfirmasi detikcom di lokasi bencana, Selasa (2/2/2021).

Menurut Hadi, selain hewan ternak, puluhan kandang milik warga juga hanyut terbawa air. Kandang milik warga tersebut ada di beberapa titik banjir.

“Selain di wilayah kebun Blawan, ada juga di kebun Watu Capil dan beberapa titik yang memang dilalui aliran sungai Kalipait,” ungkap Hadi.

Pantauan di lapangan, ada puluhan kandang ternak warga yang ada di wilayah kebun Blawan, Watucapil, dan Margahayu itu mengalami rusak berat hingga hanyut tak berbekas diterjang banjir bandang.

Namun meski kandang hilang tersapu banjir, sebagian ternak lainnya bisa terselamatkan.

Diberitakan sebelumnya, banjir bandang menerjang wilayah kebun PTPN XII Blawan. Puluhan kandang ternak warga beserta isinya tersapu habis.

Air bercampur lumpur dan kayu yang datang secara tiba-tiba tersebut berasal dari pertemuaan dua sungai, yakni Sungai Blawan dan Kaligedang.

Air bercampur lumpur dan potongan kayu itu juga menerjang sekitar kawasan wisata pemandian air panas Blawan. Kendati tak sampai menerjang secara langsung pemandian yang posisinya agak tinggi. Namun sebagian kawasan obyek wisata tersebut dipenuhi lumpur.

Pos terkait