Hari Ini Gunung Semeru Muntahkan Lahar Sejauh 800 Meter

pantauan cctv gunung semeru
Pantauan CCTV Gunung Semeru

LINTASJATIM.com, LumajangGunung Semeru di Lumajang kembali memuntahkan guguran lava pijar. Kali ini lava pijar yang terlontar dari perut gunung tersebut mencapai sejauh 800 meter ke sisi tenggara atau mengarah ke besuk kobokan.

Aktivitas vulkanis gunung Semeru berupa guguran lava pijar itu terpantau kamera CCTV di desa Oro-Oro Ombo kecamatan Pronojiwo, Lumajang pada Rabu dini hari.

Bacaan Lainnya

Berdasarkan laporan periodik Pos Pengamatan Gunung Api Semeru periode 29 Maret pukul 00.00-06.00 WIB, Gunung Semeru terpantau mengalami 21 kali letusan, 2 kali guguran, dan 5 kali gempa tremor harmonik.

“Gunung Semeru masih level 3 siaga. Guguran lava pijar teramati sejauh 800 meter ke arah tenggara,” ujar Kabid Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang Wawan Hadi Siswoyo kepada detikJatim, Rabu (29/3/2023).

Sementara itu petugas tetap mengimbau masyarakat agar tidak melakukan aktivitas apapun di radius 13 kilometer dari puncak Gunung Semeru dan 500 meter dari sempadan sungai hingga 17 kilometer di sepanjang aliran lahar.

“Kami tetap mengimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai potensi awan panas guguran, guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai ” pungkas Wawan.

Pos terkait