Tingkatkan Kompetensi Kepemimpinan Mahasiswa, FAI Unisla Gelar KMD Pramuka

Tingkatkan kompetensi kepemimpinan mahasiswa, FAI Unisla gelar KMD Pramuka
Tingkatkan kompetensi kepemimpinan mahasiswa, FAI Unisla gelar KMD Pramuka

LINTASJATIM.com, LamonganFakultas Agama Islam (FAI) Universitas Islam Lamongan (Unisla) selenggarakan Khusus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) pada Senin (22/07/2024). KMD dibuka langsung oleh Kepala Kwarcab Kabupaten Lamongan Bapak Drs. Moh. Nalikan, MM bertempat di Aula Gedung A Unisla. Dalam upacara pembukaan dihadiri oleh 96 peserta. Dan berlangsung selama 6 hari ke depan.

Dekan Fakultas Agama Islam, Dr Hepi Ikmal melaporkan bahwa KMD ini seyogyanya diikuti oleh semua mahasiswa FAI semester 4, terutama mahasiswa pendidikan. Beliau menegaskan KMD tidak hanya membekali mahasiswa kepanduan saja akan tetapi juga menitikberatkan pada kepemimpinan.

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut, Dekan mengatakan bahwa sudah selayaknya calon guru mempunyai jiwa kepemimpinan, karena guru tidak hanya menyampaikan materi pembelajaran saja melainkan sebagai pemimpin pembelajaran (instructional leader) di dalam kelas.

“KMD ini merupakan complementer bagi kalian calon guru, karena guru dituntut tidak hanya menyampaikan materi saja, lebih dari itu adalah instructional leader di dalam kelas. Itulah orientasi yang kita tuju, maka di Fakultas Agama Islam ini menasbihkan diri sebagai a college for future leader.” Pungkas Dekan.

Sementara itu, Rektor Unisla Dr. H Abdul Ghofur dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya KMD ini. Beliau mengharapkan agar mahasiswa Unisla antusias mengikuti KMD. Beliau juga akan memberikan dorongan kepada mahasiswa Unisla bila diperlukan maka diwajibkan mengikuti KMD.

“Saya sangat mengapresiasi terselenggaranya KMD, dan saya saya percaya KMD ini akan mengasah tidak hanya hard skill tapi juga soft skill mahasiswa. Saya ingat pesan Pak Bambang (Ketua Yayasan-Red.) yang berkeinginan mahasiswa pendidikan diwajibkan KMD. Kami, akan mencoba upaya yang bisa mendorong itu, untuk meningkatkan skill lulusan”, pungkas Rektor.

Dalam upacara pembukaan, Kepala Kwarcab Kabupaten Lamongan, Drs. Moh Nalikan, MM memberikan arahan dan motivasi kepada peserta semangat berproses dalam KMD kali ini. Beliau memberikan orientasi fungsi kepramukaan di sekolah.

Menurutnya, KMD tidak ada ruginya. Karena mengasa jiwa kepemimpinan, kemandirian, dan kepanduan mahasiswa. Kondisi hari ini jiwa kepemimpinan dan kepanduan yang seperti yang pramuka ajarkan itu yang diperlukan dalam kehidupan guru di sekolah.

“Ikut KMD Pramuka tidak ada ruginya. Kalian disini akan dilatih dengan bahagia dan menyenangkan dengan cara pramuka. Kemandirian, kepemimpinan dan kepanduan itu akan sangat terasa setelah kalian semua mengikuti KMD. Hari ini di tengah kondisi kehidupan yang lebih condong individualis, kepanduan dan kemandirian pramuka sangat dibutuhkan. Apalagi bagi calon guru, harus punya kompetensi kepemimpinan”, pungkas Nalikan.

Acara pembukaan sendiri di akhiri dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Kwarcab Lamongan dengan Unisla. Yang orientasinya kerjasama pengembangan pramuka di Unisla semakin semarak dan hidup.

Pos terkait