Bangkitkan Motivasi Berkarya, ITSNU Pasuruan Gelar Pameran Desain Bertajuk ‘Visual Enthusiast’

Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama (ITSNU) Pasuruan
Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama (ITSNU) Pasuruan.

LINTASJATIM.com, PasuruanInstitut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama (ITSNU) Pasuruan mengadakan pameran desain bertajuk ‘Visual Enthusiast’ yang telah dilaksanakan pada 5-7 Juni 2023 di Gedung Perpustakaan Baru ITSNU-STAIS Pasuruan.

Pameran tersebut sebagai salah satu upaya ITSNU Pasuruan, khususnya Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual untuk mewujudkan geliat ranah desain sehingga menjadi gaung yang indah bagi institusi dan daerah.

Bacaan Lainnya

Ketua Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual, Kharisma Nanda Zenmira, S.Pd., M.Sn. mengatakan jika ITSNU Pasuruan menjadi satu-satunya institusi yang memiliki Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual di Pasuruan.

“Hal tersebut menjadi pekerjaan yang cukup serius bagi ITSNU untuk menunjukkan eksistensi, pengaruh, dan dedikasinya dalam dunia desain,” ungkapnya sebagaimana Press Release yang diterima redaksi lintasjatim.com, Rabu (7/6/2023).

Adapun tujuan lain diselenggarakannya pameran ‘Visual Enthusiast’ ini yaitu sebagai media pelaksanaan pembelajaran yang memberikan pengalaman nyata bagi mahasiswa, membangkitkan motivasi berkarya.

Tak hanya itu, tujuan lain yaitu mengasah berpikir kritis mahasiswa terhadap suatu permasalahan yang terjadi di lingkungan sekitar, melatih merancang sebuah kegiatan pameran desain, mempertanggungjawabkan hasil karya desain melalui pameran.

“Meningkatkan apresiasi warga kampus dan masyarakat terhadap hasil karya anak bangsa, serta memberikan edukasi secara interaktif dan menyenangkan melalui karya desain kepada masyarakat,” ungkapnya.

Menurut Kaprodi, Kharisma, ajang pameran tersebut diikuti oleh mahasiswa semester 2, 4 dan 6. Karya yang ditampilkan adalah karya-karya mahasiswa DKV dari hasil tugas akhir yang telah dibuat.

“Beberapa mata kuliah tugas akhir tersebut, antara lain DKV 3 (Game Interaktif), Tipografi, Seni Rupa Dasar, Ilustrasi Komik, Motion Graphic, Infografis, Environmental Graphic Design dan Fotografi,” jelasnya.

Selama 3 hari pameran dihelat, terdapat beberapa rangkaian acara yaitu talkshow, demonstrasi visual dan hiburan-hiburan seni seperti live mural dan live music yang semuanya diisi oleh mahasiswa desain komunikasi visual ITSNU Pasuruan.

“Pameran ini menjadi awal yang akan terus berlanjut sebagai pameran tugas akhir semester genap Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual,” tutup Kharisma.

Sebagai informasi, kampus Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama (ITSNU) beralamat di Jl. Raya Warungdowo Utara, Warungdowo, Kecamatan Pohjentrek, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Kampus ini memiliki 7 program studi, antara lain S1 Teknik Industri, S1 Teknik Kimia, S1 Teknologi Hasil Pertanian, S1 Pendidikan Biologi, S1 Pendidikan Fisika, S1 Pendidikan Matematika dan S1 Desain Komunikasi Visual.

Pos terkait