Viral! Pantai Grajagan Banyuwangi Keluarkan ‘Darah’

  • Whatsapp

LINTASJATIM.com, Banyuwangi – Sebuah video viral menggambarkan fenomena pasir pantai di Banyuwangi tiba-tiba berwarna merah. Konon, cairan merah yang keluar dari pasir disebut-sebut seperti darah segar.

Video pantai keluarkan ‘darah’ itu disebut terjadi di Pantai Grajagan, Banyuwangi. Video berdurasi 28 detik itu dibagikan melalui aplikasi percakapan dan media sosial.

“Pantainya keluar darah ini. Bagaimana ini di Grajagan ini. Lautnya keluar darah,” ucap perekam seperti dalam video yang dilihat tim media, Selasa (3/8/2021).

Selain itu, juga tampak pula air berwarna merah seperti darah, muncul saat pasir digali beberapa sentimeter.

“Lah ini seperti darah segar. Apa karena ada nelayan yang bersihkan ikan? Tapi tidak mungkin sampai keluar darah merah banyak seperti ini,” tambahnya.

Akun @andreli48 juga mengunggah video yang sama di Instagram. Beberapa netizen mencoba menanggapi video tersebut.

“Biasanya warna merah pada perairan itu berasal dari populasi alga merah atau jenis plankton lainnya. Hanya sedikit pengetahuan,” tulis akun @caizataurora di kolom komentar.

“Iya di ilmu saint begitu. Bukan darah. Perubahan warna air laut menjadi merah itu terjadi karena ledakan populasi alga merah atau plankton lainnya secara berlebihan di perairan,” tulis akun @lestari_wendha.

Sementara menurut Suwito, warga sekitar Pantai Grajagan, baru pertama kali melihat cairan merah mirip darah keluar dari pantai. Ia mengaku khawatir.

“Ya khawatir saja, karena saya belum pernah melihat seperti ini,” tandasnya.

Pos terkait