Lagi Viral! Pria Ini Jual Foto Selfie di Marketplace NFT Laku 12,6 Miliar, Begini Caranya

  • Whatsapp
Ghozali Everyday
Ghozali Everyday

Sosok Sultan Gustaf Al Ghozali atau Ghozali Everyday alias Ghozali Ghozalu mendadak viral di media sosial. Dirinya diperbincangkan netizen lantaran memperoleh puluhan juta rupiah dari menjual foto selfie.

Foto-foto tersebut diunggah Ghozali di marketplace Non-Fungible Token (NFT), OpenSea. Harga foto selfie Ghozali berkisar USD3 atau sekitar Rp42 ribu.

Bacaan Lainnya

Melansir dari Twitter Eka B. Panuntun, NFT merupakan token unik mengenai manfaat digital yang menunjukkan bukti kepemilikan dan bisa ditukar dengan sesuatu.

“Non-fungible artinya unik dan gak bisa dituker sama sesuatu yang lain, karena punya karakteristiknya sendiri. Misal, kamu gak bisa tuh nukerin lukisan Mona Lisa sama KW-nya, karena ya cuma ada satu lukisan Mona Lisa yang autentik di dunia,” ujarnya, dikutip dari Twitter @EkaBagus.

Sementara, akun NFT Ghozali sudah mencapai 1 Ether pada setiap fluktuasi. Bahkan, Foto selfie Ghozali laku sebesar Rp14 juta hingga Rp31 juta. Adapun total 933 koleksi foto, jika diakumulasikan bisnis NFT milik Ghozali senilai Rp12,6 miliar.

Ghozali dikenakan pajak

Salah Satu Foto Ghozali yang Laku Hingga Miliaran Rupiah
Salah Satu Foto Ghozali yang Laku Hingga Miliaran Rupiah

Setelah viral, kini nama Ghozali diramaikan lagi karena akun jualan foto selfie di NFT itu kini wajib dikenakan pajak.

Setelah sukses dan raup belasan miliar dari jualan foto di NFT, kini Ghozali wajib membayar pajak karena keuntungannya sudah miliaran rupiah.

Ghozali sempat diberitahukan oleh Ditjen Pajak (DJP) agar segera membayar pajaknya.

Pemberitahuan ini hadir pada akun Twitter @DitjenPajakRI, dengan memberikan ucapan selamat, Ditjen Pajak memberitahukan Ghozali agar segera membayar pajak jualan fotonya di NFT.

Setelah tau dirinya ditagih pajak, Ghozali tak tinggal diam, ia langsung membalas cuitan Dirjen Pajak. Bahkan, ada hal unik dari balasan Ghozali karena ini merupakan pembayaran pajak pertama di hidupnya.

Ghozali mengaku akan bertanggung jawab untuk membayar pajak yang dihasilkan dari penjualan foto selfie di NFT itu.

This is my first tax payment in my life (ini adalah pembayaran pajak pertama dalam hidup saya),” tulis Ghozali seperti dilansir prfmnews.id dari akun Twitter pribadinya @Ghozali_Ghozalu.

Selain itu, Ghozali juga mengakui karena dirinya orang Indonesia, jadi tentu saja ia akan membayar pajak dengan taat.

Of course I will pay for it because I am a good Indonesia citizen (tentu saja saya akan bayar pajak, karena saya warga Indonesia yang baik,)” tulisnya.

Sumber: tempo.com, prfmnews.pikiran-rakyat.com

Pos terkait