Khutbah Jumat Singkat Hanya 5 Menit: Inilah Alasan Mengapa Harus Mendekat Kepada Ulama

  • Whatsapp
Perkumpulan Para Ulama
Perkumpulan Para Ulama

Khutbah jumat singkat dengan durasi 5 menit ini mengangkat judul “Alasan Perintah mendekat kepada Ulama”. Kita tahu bahwa akhir zaman seperti ini umat Islam semakin jauh dari pada ulama. Itu sebabnya Islam memerintahkan pemeluknya agar selalu dekat dengan ulama.

Mengapa demikian? Dalam materi khutbah jumat singkat padat penuh makna berikut ini akan dijelaskan secara gamblang alasan-alasannya.

Bacaan Lainnya

Teks khutbah jumat NU berikut ini telah publish di website resmi NU Online Jatim. Naskah khutbah tersedia dalam bahasa Indonesia dengan format PDF.

Silahkan download teks khutbah jumat pada menu yang tersedia di akhir teks. Semoga bermanfaat…

Silahkan bergabung di grup Telegram untuk mendapatkan Materi Khutbah terbaru dari KHUTBAHSINGKAT.com dengan cara klik “Berlangganan” BERLANGGANAN atau https://t.me/khutbahjumatsingkat

KHUTBAH JUMAT PERTAMA

اَلْحَمْدُ لِلهِ الَّذِيْ مَنْ تَوَكَّلَ عَلَيْهِ بِصِدْقِ نِيَّةٍ كَفَاهُ وَمَنْ تَوَسَّلَ إِلَيْهِ بِاتِّبَاعِ شَرِيْعَتِهِ قَرَّبَهُ وَأَدْنَاهُ وَمَنِ اسْتَنْصَرَهُ عَلَى أَعْدَائِهِ وَحَسَدَتِهِ نَصَرَهُ وَتَوَلاَّهُ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ حَافَظَ دِيْنَهُ وَجَاهَدَ فِيْ سَبِيْلِ اللهِ. أَمَّا بَعْدُ، فيَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا اللهِ تَعَالَى بِفِعْلِ الطَّاعَاتِ أَمَّا بَعْدُ، فَيَا أَيُّهَا الْمُسْلِمُوْنَ رَحِمَكُمُ اللهُ. اِتَّقُوا اللهَ بِامْتِثَالِ أَوَامِرِهِ وَاجْتِنَابِ نَوَاهِيْهِ وَاتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ. فَاسْأَلُواْ أَهْلَ الذِّكْرِ إِن كُنتُمْ لاَ تَعْلَمُونَ

Hadirin Rahimakumullah

Marilah pada kesempatan istimewa ini kita terus berupaya meningkatkan takwallah. Karena begitu banyak nikmat yang telah Allah SWT berikan kepada kita, baik yang disadari maupun tidak. Tidak ada pilihan lain bagi manusia, khususnya kaum muslimin untuk senantiasa mengoreksi dan menambah rasa takwa dengan menjalankan perintah dan menjauhi larangan Allah SWT.

Apalagi diketahui bahwa manusia diciptakan Allah sebagai makhluk paling mulia dibandingkan ciptaan lain. Hal ini terbukti dalam Al-Qur’an:

 وَلَقَدْ كَرَّمْنَا بَنِي آدَمَ وَحَمَلْنَاهُمْ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ وَرَزَقْنَاهُمْ مِنَ الطَّيِّبَاتِ وَفَضَّلْنَاهُمْ عَلَى كَثِيرٍ مِمَّنْ خَلَقْنَا تَفْضِيلًا

Artinya: Dan sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkut mereka di daratan dan di lautan. Kami beri mereka rezeki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan. (QS: Al-Isra’ ayat 70)

Baca halaman berikutnya…

Pos terkait