Khutbah Jumat Edisi Maulid Nabi PDF 2021: Amalan yang Baik dan Dianjurkan di Bulan Maulid

  • Whatsapp
Maulid Nabi Muhammad SAW
Maulid Nabi Muhammad SAW

Naskah Khutbah jumat tentang maulid Nabi berikut ini menjelaskan tentang 3 amalan yang baik dan dianjurkan di dalam bulan Rabiul Awal atau bulan maulid Nabi Muhammad SAW.

Teks khutbah jumat berikut ini ditulis oleh Ustadz M. Mubasysyarum Bih, Dewan Pembina Pondok Pesantren Raudlatul Quran, Geyongan, Arjawinangun, Cirebon, Jawa Barat. Teks khutbah ini telah dimodifikasi oleh tim redaksi Khutbahsingkat.com sehingga teks lebih singkat daripada sebelumnya.

Bacaan Lainnya

Silahkan download khutbah jumat maulid Nabi tahun 2021 versi PDF pada menu akhir tulisan. Untuk menemukan menu download langsung saja klik halaman 3 kemudian tekan tombol download. Khutbah Jumat berikut ini bahasa Indonesia. Khutbah jumat maulid bahasa Jawa silahkan klik DISINI.

File PDF berukuran A4 landscape dengan dua kolom. Hal ini untuk mempermudah khotib saat membawa teks karena lebih simpel.

Untuk mendapatkan banyak materi khutbah jumat silahkan kunjungi website KHUTBAHJUMAT.com.

Silahkan bergabung di grup Telegram untuk mendapatkan Materi Khutbah terbaru dari KHUTBAHSINGKAT.com dengan cara klik “Berlangganan” BERLANGGANAN atau https://t.me/khutbahjumatsingkat

MUKADIMAH KHUTBAH JUMAT

اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِي أَرْسَلَ مُحَمَّدًا رَحْمَةً لِلْعَالَمِيْنَ فَبِذَلِكَ أَمَرَنَا أَنْ نَفْرَحَ وَنَشْكُرَ بِوُجُوْدِ سَيِّدِ الْمُرْسَلِيْنَ اللهم صَلِّ وَسَلِّمْ عَلىَ سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ فَاتِحِ كُلِّ بَابٍ مِنْ أَبْوَابِ الْمَحُجُوْبِيْنَ وَعَلىَ آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ   أمَّا بَعْدُ. فَاتَّقُوْا اللهَ يَا عِبَادَ اللهِ حَيْثُمَا كُنْتُمْ وَصَلُّوْا وَسَلِّمُوْا عَلىَ نَبِيِّكُمْ صلى الله عليه وسلم وَاشْكُرُوْا اللهََ تَعَالىَ عَلىَ مَا مَنَّ عَلَيْنَا بِهِ مِنْ طُلُوْعِ هَذَا الْبَدْرِ الْمُنِيْرِ فِي هَذِهِ الدَّارِ الْفَانِيَةِ فَبِمُتَابَعَتِهِ وَوَسِيْلَتِهِ وَمَحَبَّتِهِ حَصَلَ النَّجَاةُ فِي تِلْكَ الدَّارِ الْآخِرَةِ الْخَالِدَةِ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ  

Hadirin jamaah Jumat yang dirahmati Allah,

Marilah kita selalu meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah ﷻ, dengan selalu mendekatkan diri kepada-Nya. Yakni mengerjakan apa yang diperintahkan, serta menjauhi apa yang dilarang, kapan pun dan di mana pun, dalam keadaan bagaimana pun, senang maupun susah, gembira ataupun sedih. Karena dengan kita bertakwa, Allah ﷻ pasti akan menjamin kehidupan kita baik di dunia maupun di akhirat, juga memberikan jalan keluar atas setiap masalah yang kita hadapi. 

Hadirin Sidang Jumat yang dirahmati Allah,

Saat ini kita memasuki bulan Rabiul Awal, pada bulan ini tepatnya tanggal 12 Rabiul Awal tahun gajah atau bertepatan dengan tanggal 20 April 571 M., lahirlah seorang bayi yang kelak akan membawa perubahan besar bagi sejarah peradaban dunia. Ayahnya bernama Sayyid Abdullah bin Sayyid Abdul Muthallib meninggal kurang lebih 7 bulan sebelum ia lahir.

Ibunya bernama Sayyidah Aminah al-Zuhriyyah binti Wahab, meninggal dunia saat sang buah hati berusia 6 tahun. Kehadiran bayi itu disambut oleh kakeknya, Sayyid Abdul Muthalib dengan penuh kasih sayang dan kemudian bayi itu dibawanya ke kaki Ka’bah. Di tempat suci inilah bayi itu diberi nama Muhammad, sebuah nama yang tidak mentradisi di kalangan kaum Quraisy pada waktu itu. 

Hadirin jamaah Jumat yang dirahmati Allah,

Baca halaman berikutnya…

Pos terkait