Perdana di Sidoarjo, Pengurus Pokdar Kamtibmas Sektor Sukodono Resmi Dilantik

Pengurus Kelompok Sadar Kamtibmas (Pokdarkamtibmas) Bhayangkara Sektor Sukodono
Pengurus Kelompok Sadar Kamtibmas (Pokdarkamtibmas) Bhayangkara Sektor Sukodono

LINTASJATIM.com, Sidoarjo – Puluhan Pengurus Kelompok Sadar Kamtibmas (Pokdarkamtibmas) Bhayangkara Sektor Sukodono, Kabupaten Sidoarjo masa bhakti 2024-2025 telah resmi dilantik dan dikukuhkan oleh Kasatbinmas Polresta Sidoarjo, Kompol Yudhi. Kegiatan tersebut dipusatkan di Pendopo Kecamatan Sukodono, Rabu (17/10/2024) malam.

Usai prosesi pelantikan, Kasat Binmas Polresta Sidoarjo, Kompol Yudi Prasetyo menyampaikan pesan dari Kaporesta Sidoarjo yang berhalangan hadir karena ada tugas lain.

“Pokdar Kamtibmas adalah sebuah organisasi kemitraan Polri dengan masyarakat yang secara swakarsa peduli dengan keamanan dan ketertiban masyarakat, serta menaati tatanan hukum dan perundang-undangan di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” katanya.

Berdasarkan surat keputusan Kapolri nomor SKEP /381/XI/2005 tentang Pedoman Pembentukan dan Pembinaan Kelompok Sadar Masyarakat Kamtibmas. Pembentukan Pokdar Kamtibmas berdasarkan adanya rasio atau perbandingan jumlah personil Polri dengan jumlah masyarakat Indonesia yang tidak berimbang.

“Polri sebagai lembaga penegak hukum dan pengayom masyarakat menerapkan pemolisian masyarakat yangg selanjutnya disebut Polmas, yang merupakan suatu kegiatan untuk mengajak masyarakat melalui kemitraan Polri dan masyarakat guna secara bersama-sama membantu mewujudkan kondisi lingkungan yang aman dan tertib,” ujar Yudhi.

Adapun tentang pemolisian masyarakat sudah diatur dalam Peraturan Kapolri Nomor 3 tahun 2015. Fungsi dan peran Pokdar Kamtibmas secara umum adalah membantu tugas Polri dalam memelihara keamanan dan ketertiban dengan pendekatan preemftiv, preventif dan solutif.

“Oleh karenanya, Pokdar Kamtibmas sering dilibatkan dalam kegiatan pengamanan menjelang hari-hari besar atau kegiatan nasional lainnya. Anggota Pokdar Kamtibmas merupakan mitra kepolisian, tetapi bukan anggota polisi. sehingga segala bentuk tindakan hukum harus melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian,” ungkapnya.

Lebih lanjut Yudhi mengemukakan, Kabupaten Sidoarjo sebentar lagi akan melaksanakan pesta demokrasi, yaitu pemilihan Bupati dan Wakil Bupati yang akan dilaksanakan pada tanggal 27 November 2024, peran Pokdar Kamtibmas sebagai mitra Polri dalam menjalankan tugasnya mempunyai peran penting dalam rangka mewujudkan Pilkada Sidoarjo yang aman dan kondusif.

“Saya atas nama Kapolresta Sidoarjo berpesan kepada seluruh anggota Pokdar Kamtibmas sektor Sukodono agar benar-benar mengerti tugas, fungsi dan peran Pokdar Kamtibmas dalam mendukung tugas Polri untuk menjalankan tugas pokoknya. Serta memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh pengurus dan anggota Pokdar Kamtibmas Sektor Sukodono atas peran serta keaktifannya dalam mendukung tugas kepolisian,” tutupnya.

Sementara, Camat Sukodono, Moch Solichin dalam kesempatan tersebut menyampaikan selamat kepada pengurus Pokdar Kamtibmas Sektor Sukodono yang baru saja dilantik. Menurutnya, secara legalitas organisasi ini sudah ada payung hukumnya untuk mengemban amanat organisasi sesuai dengan AD/ART Pokdar Kamtibmas.

“Keberadaan Pokdar Kamtibmas Sektor Sukodono ini tentunya menjadi harapan besar bagi masyarakat kecamatan Sukodono dalam membantu keamanaan, ketertiban, menciptakan suasana yang aman di lingkungan masyarakat. Tentunya harus selalu bersinergi dengan Kepala Desa, TNI dan Polri,” katanya.

Di sisi lain, Ketua Pokdar Kamtibmas Sektor Sukodono, Aziz Rahmat menegaskan, pihaknya siap menjadi mitra polisi dalam menjalankan keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat Kecamatan Sukodono.

“Kami siap menjalankan amanat sebagai ketua dan anggota Pokdar Kamtibmas Sektor Sukodono dalam bermitra dengan kepolisian. Kami akan bekerja secara profesional, serta selalu bersinergi bersama Polsek, Koramil, Pemerintah Kecamatan dan Desa,” tegasnya.

Sebagaimana diketahui, Pokdar Kamtibmas Sektor Sukodono merupakan Pokdar Kamtibmas pertama yang terbentuk di Kabupaten Sidoarjo.

Adapun pengurus dan anggota Pokdar Kamtibmas Sektor Sukodono ini berasal dari sejumlah unsur organisasi pemuda dan komunitas seperti Gerakan Pemuda (GP) Ansor, Banser, Pemuda Pancasila, perguruan silat, ILS, dan lainnya. Selain itu, ada unsur dari tokoh masyarakat dan tokoh agama dengan berbagai latar belakang profesi.

Acara pelantikan ini dihadiri Kasatbinmas Polresta Sidoarjo beserta jajaran, Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimka) Sukodono, sejumlah Kepala Desa, serta tamu undangan lainnya.

Pos terkait