Di Banyuwangi, Operasi Zebra Akan Digelar Mulai Tanggal 14 Oktober 2024 Selama Dua Pekan

LINTASJATIM.com, Banyuwangi – Polresta banyuwangi menggelar Apel Siaga Operasi Zebra 2024 yang diikuti seluruh komponen dan jajaran anggota polsek dan Polresta Banyuwangi di halaman Polresta Banyuwangi pada Senin (14/10/2024).

Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Rama Samtama Putra, SIK, MSI, MH,saat memimpin Apel Pasukan Operasi Zebra Semeru 2024, mengatakan bahwa Operasi Zebra Semeru 2024 akan digelar serentak se Jawa Timur selama dua pekan ke depan, mulai tanggal 14 hingga 27 Oktober 2024. Tanpa terkecuali Kabupaten Banyuwangi.

Bacaan Lainnya

“Kami mengajak dan menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk mendukung pelaksanaan Operasi Zebra 2024 dengan selalu mematuhi peraturan lalu lintas selama berkendara di jalan raya, baik saat ada operasi maupun di luar masa operasi,” ujar Kapolresta Banyuwangi.

Hal senada disampaikan Kasatlantas Kompol Agung Fitransyah, Operasi Zebra 2024. Tidak hanya untuk mengedukasi dan menindak pelanggar, tetapi juga bertujuan untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas khususnya di kabupaten Banyuwangi.

Kompol Agung menilai, kecelakaan lalu lintas yang terjadi disinyalir karena bermula dari adanya pelanggaran yang dilakukan oleh pengemudi baik itu motor ataupun mobil.

Berdasarkan petunjuk teknis dari Korlantas Polri, petugas di lapangan diberikan kewenangan melakukan tilang secara manual apabila menemukan pengendara motor maupun mobil yang kedapatan melanggar aturan berlalu lintas di jalan raya.

“Yang Lebih penting yaitu menjaga keselamatan jiwa mulai dari diri sendiri,pengguna jalan lainnya serta selalu tertib dan mentaati aturan berlalu lintas dijalan raya,ini berlaku tidak hanya untuk menghindari sanksi saja,” ujar Kompol Agung.

Kasatlantas Polresta Banyuwangi saat ditemui awak media, kembali memastikan supaya tetap mengedepankan penindakan berupa “Sosialisasi dan Edukasi” Misalnya, dengan teguran secara lisan kepada pemotor yang tidak memakai helm, melawan arus, hingga kebut-kebutan di jalan.

“Selain penindakan tilang manual, polisi juga akan melakukan penindakan tilang secara elektronik berbasis ETLE statistik maupun mobile. Kamera Cctv sudah tersedia di berbagai titik tertentu yang berfungsi untuk menjerat setiap pelanggar selama pelaksanaan Operasi Zebra Semeru 2024 berlangsung,” tutup kasatlantas.

Pos terkait