Komunitas Mahasiswa Trenggalek Salurkan Bansos Hingga ke Pelosok Desa

Lintasjatim.com, Trenggalek - Ada yang berbeda disiang yang terik, beberapa laki-laki berbelanja sembako di deretan ruko pasar Gandusari-Trenggalek, Sabtu (01/06/2019) kemarin. Mereka adalah Trenggalek Islamic Student Community (TRISCOM) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Kali ini, Organisasi daerah yang berazaskan "seduluran" yang berada di perantauan Malang itu mengadakan kegiatan bakti sosial dengan sasaran janda lansia atau janda sebatangkara.

Korlap sekaligus ketua pelaksana mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian terhadap sesama terlebih di bulan suci Ramadhan. "Kita sebagai mahasiswa asal daerah Trenggalek ingin berbagi dengan lingkungan sekitar, masyarakat trenggalek yang lansia apalagi sebatangkara adalah tanggungjawab kita bersama." Ungkap Ridloo kepada Lintasjatim.com

Baca Juga: Ramadhan Bulan Berbagi Dan Produktif Bagi Mahasiswa IAI Diponegoro Nganjuk

Menurut Ridloo, aktifitas sosial ini perlu dilakukan karena masih banyak warga kurang mampu khususnya di pelosok desa. Meski bantuan tidak seberapa, setidaknya mampu meringankan sedikit dari beban mereka.

"Nilainya tidak seberapa, tapi mudah-mudahan bisa meringankan beban mereka. Dana untuk bansos ini kita peroleh dari iuran bersama." Tandasnya.
Sebelum terjun ke lapangan, tim berkumpul dan breafing sembari nunggu dulur-dulur (sebutan semua keluarga besar TRISCOM) yang belum datang. Kegiatan ini tak berjalan sendiri, mereka dibantu oleh kepala Desa Jajar, Kecamatan Gadusari.

Terlebih dahulu mereka menemui kepala Desa Jajar Bapak Ime untuk meminta keterangan dan mengkonfirmasi lansia atau janda yang menjadi sasaran bansol. Hal ini perlu dilakukan agar bantuan tepat sesuai sasaran.

Oleh Kades, mereka dihantarkan ke rumah seorang nenek yang baru saja sakit hingga tidak bisa jalan. Saat ini kondisi nenek sudah mulai membaik dan bisa berjalan. Berlanjut disasaran kedua, seorang nenek tua yang sudah tidak bisa berjalan. Tubuhnya lemah tidak bisa berjalan dan hanya bisa duduk selonjor di lantai.

Setelah bantuan tersampaikan di Desa Jajar, selanjutnya mereka bergeser ke kecamatan sebelah, yaitu Kecamatan Kampak tepatnya di Desa Senden dengan tiga orang penerima bantuan. Dimana ada nenek yang sudah beberapa kali operasi mata tetapi sampai sekarang masih terganggu penglihatannya. Lain lagi nenek satunya ketika tim TRISCOM berkunjung, si nenek hampir terjatuh lantaran tubuhnya yang lemah duduk di kursi dengan posisi yang kurang tepat.

"Semoga kegiatan-kegiatan ini mengetuk hati orang-orang yang mampu dan mau berbagi. Terutama dari pemerintah daerah yang harus turun ke desa-desa, karena daerah Trenggalek itu sangat luas dan tersebar di pelosok-pelosok." Pungkas Ridloo. (Red/Jaz)

Rate this item
(1 Vote)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Lintas Jatim merupakan portal berita yang menyajikan berbagai informasi aktual seputar peristiwa atau kegiatan yang ada di Jawa Timur.

10523359
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
2602
9102
11704
10318759
403089
525745
10523359
Your IP: 34.237.76.91
2019-09-23 10:09