Hari Lahir Pancasila: Pancasila Harus Menggema Dalam Dunia Pendidikan

02 Jun 2019
366 times

Lintasjatim.com, Blitar – Nata, salah satu pengiat Komunitas Literasi Kebangsaan Blitar menilai, bahwa meningkatnya pemikiran intoleran dan radikal yang terjadi didunia pendidikan khususnya di pendidikan tinggi seperti yang dirilis oleh berbagai lembaga penelitian sangatlah miris. Oleh karena itu perlunya terus menggemakan Pancasila di lingkungan pendidikan.

“Pendidikan merupakan instrumen yang penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa serta memilik peran penting dalam membangun dan mencetak generasi bangsa. Karena pendidikan sebagai wadah yang paling strategis dalam menentukan kondisi sosial masyarakat masa sekarang maupun yang akan datang." Ujar Nata saat ditemui Lintasjatim.com, Sabtu (01/06/2019).

Baca Juga: Siswi MTsN 1 Kediri Peraih NUN Tertinggi Kabupaten Kediri

Nata juga menjelaskan bahwa perlunya menyebarkan dan menanaman kembali ideologi Pancasila kepada pelajar sehinggga meningkatkan semangat nasionalisme dan patriotisme.

“Tentunya menggemakan Ideologi Pancasila dalam dunia pendidikan merupakan solusi utama, penyebaran dan penanaman harus terus dilakukan karena Pancasila merupakan dasar negara dan jati diri bangsa yang harus diamalkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara." Jelas Nata yang juga merupakan mahasiswa pasca sarjana di salah satu Universitas Malang.

Dengan cara ini, kata Nata, pendidikan dapat meningkatkan pengetahuan kebangsaan khususnya tentang budi nurani bangsa Indonesia serta meningkatkan semangat nasionalisme dikalangan pelajar. 

Dirinya kembali menegaskan, pesatnya radikalisasi dan intoleransi di dunia pendidikan disebabkan oleh lingkungan pelajar dan faktor pengetahuan pelajar atau mahasiswa itu sendiri.

“Paham radikalisasi dan intoleran sangat rentan menyasar pelajar yang secara psikologis masih dalam masa pencarian jatidiri dan haus akan ilmu pengetahuan. Jadi kondisi seperti ini banyak dimanfaatkan oleh pihak tertentu dalam menyebarkan paham radikal dan intoleran kepada pelajar. Ibaratnya menulisi buku kosong dengan tulisan yang jelek maka buku tersebut juga akan jelek.” pungkasnya.

Ia juga menambahkan perhatian serius perlu dilakukan dalam hal menanamkan ideologi kebangsaan diberbagai tingkat pendidikan secara intensif dengan harapan menghasilkan lulusan yang toleran, cinta damai dan bertanggung jawab sesuai Pancasila dan UUD 1945. Salah satu caranya dengan mengkaji dan memahami konsep dasar negara khususnya dalam Pidato Pancasila 1 Juni yang disampaikan oleh Pendiri Bangsa Bung Karno.

Rate this item
(2 votes)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Lintas Jatim merupakan portal berita yang menyajikan berbagai informasi aktual seputar peristiwa atau kegiatan yang ada di Jawa Timur.

10523435
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
2678
9102
11780
10318759
403165
525745
10523435
Your IP: 34.237.76.91
2019-09-23 10:12