Kemeriahan Endog-endogan Tradisi Jama’ah Masjid Nurullah Taman Baru Banyuwangi

LINTASJATIM.com, Banyuwangi – Pemandangan yang tak biasanya di depan Masjid Nurullah jalan KarangAsem, Kelurahan Taman Baru, Banyuwangi terlihat jelas berkerumunya seluruh jama’ah masjid Nurullah dan masyarakat sekitar yang sangat antusias memperingati hari Maulid Nabi Muhammad SAW pada Senin, (16/09/2024).

Diawali dengan pemberangkatan iring-iringan jodhang yang berisi telur (Endog-endogan) yang sudah dihias dengan menarik siap diarak keliling mengintari sekitaran jalan-jalan di kelurahan taman baru dengan disertai musik hadroh yang mengiringi di sepanjang perjalanan.

Bacaan Lainnya

Kemeriahan acara Maulid Nabi Besar Muhammad SAW yang dihadiri langsung oleh Lurah Taman Baru, Tokoh Masyarakat, serta penceramah yang dihadirkan oleh Panitia yaitu uztads. Fauzan.
remaja masjid (Remas), serta masyarakat sekitar masjid Nurullah Taman baru.

Setiba kembali mengarak endog-endogan di Masjid Nurullah para jama’ah mengikuti serangkaian acara di masjid Nurullah yang diawali dengan pembacaan ayat-ayat suci Al Qur’an kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan dari ketua Panita, Ketua takmir masjid dan lurah taman baru.

Dalam sambutannya,lurah Taman baru M.Prima karisma jabara menyampaikan sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas peran aktif masyarakat taman baru dalam berkegiatan membangun taman baru yang lebih baik lagi,dan tak lupa juga diakhir sambutanya mengingatkan kembali warganya untuk jangan lupa membayar PBB tepat waktu,” ujar lurah lulusan STPDN.

Acara puncak memperingati Maulid Nabi Besar Muhammad SAW yang dinanti oleh seluruh jama’ah yaitu ceramah dari Ustadz Fauzan dimulainya dengan menggemanya masjid Nurullah dengan Sholawat Nabi Besar Muhammad SAW, dalam ceramahnya yang penuh hikmat,padat nasehat,dan canda tawa serta diakhiri dengan doa bersama.

Ketua Panitia Rohman Toyiba saat ditemui awak media lintasjatim.com menambahkan, dengan mengucap rasa syukur kami segenap panitia memperingati maulid Nabi Muhammad SAW sangat berterima kasih kepada bapak lurah,uztads Fauzan,banser,para donatur,remaja masjid Nurullah dan seluruh warga jama’ah masjid Nurullah sehingga acara ini berlangsung dengan lancar dan penuh hikmad serta kami mohon maaf sebesar-besarnya apabila ada kesalahan dari kami selaku panitia,”tutup rohman.

Pos terkait