Jaring Aspirasi, ISNU Gagas Program Pembangunan Kota Kediri

LINTASJATIM.com, Kediri – Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Kota Kediri melakukan jaring aspirasi kepada para Sarjana se-Kota Kediri untuk merumuskan agenda program pembangunan kota Kediri selama lima (5) tahun ke depan.

Acara jaring Aspirasi Sarjana dilaksanakan di Gedung R IAIN Kediri pada Minggu malam (13/10/2024) tersebut dihadiri oleh ratusan sarjana dan sejumlah perwakilan lembaga dan para stakeholder yang ada di Kota Kediri.

Bacaan Lainnya

Ketua ISNU Kota Kediri Asror Yusuf mengatakan, jaring aspirasi para sarjana yang dilakukan oleh ISNU ini untuk merumuskan isu-isu strategis sebagai agenda pembangunan lima tahunan.

Hasil rumusan isu tersebut oleh ISNU akan dititipkan kepada para Calon Walikota dan Wakil Walikota Kediri. Hal tersebut dilakukan ISNU sebagai bentuk kontribusi para sarjana dalam membantu menyelesaikan berbagai masalah pembangunan kota kediri.

Masih menurut Asror Yusuf, ISNU sebagai salah satu elemen masyarakat sipil akan mengawal agenda-agenda program pembangunan masyarakat kota kediri yang berorientasi pada peningkatan Sumber Daya Manusia dan kesejahteraan masyarakat seperti program pendidikan, kesehatan, ekonomi dan program pro rakyat lainnya.

“ISNU Kota Kediri, akan menitipkan sejumlah agenda program pembangunan yang akan dirumuskan sebagai Suara ISNU dalam Agenda pembangunan Kota Kediri dengan penekanan pada layanan kebutuhan dasar masyarakat seperti lapangan pekerjaan, pendidikan, ekonomi dan kesehatan” Pungkas Asror Yusuf yang juga Dosen IAIN Kediri .

Ketua Panitia Forum Jaring Aspirasi Sarjana, Syamsul Umam menambahkan sejumlah isu-isu strategis muncul sebagai belanja masalah di Kota Kediri seperti, Pendidikan, Ekonomi, Kesehatan, Lapangan Pekerjaan.

“Selain itu juga dalam menghadapi berbagai tantangan Indonesia Emas 2045 dan mitigasi adanya Bandara Dhoho yang akan menjadi pusat kota dan pertumbuhan ekonomi baru dimasa yang akan datang dan akan merubah kota industri pengolahan menjadi kota ekonomi berbasis jasa, serta resesi ekonomi global yang berdampak juga bagi ekonomi kediri,” terangnya.

Ia menuturkan isu-isu strategis dan agenda program tersebut akan dirumuskan sebagai Suara Sarjana dalam agenda pembangunan masyarakat Kota Kediri.

“Pada prinispnya ISNU sebagai organisasi netral, tetapi ISNU sebagai elemen masyarakat akan berkirim surat kepada semua Calon Walikota dan Wakil Walikota untuk berdialog dan menitipkan agenda program pembangunan kota kediri yang dirumuskan oleh para sarjana yang disebut sebagai suara sarjana dalam agenda Pembangunan Lima Tahunan Kota Kediri, dengan harapan program-program tersebut akan dimasukan dalam RPJMD Kota Kediri yang akan datang,” pungkas Umam.

Pos terkait