Wisata Djawatan Dipilih sebagai Tempat Kirab Maskot Pilkada 2024 oleh KPUD Banyuwangi

LINTASJATIM.com, Banyuwangi – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuwangi menggelar kirab maskot Pilkada Banyuwangi 2024 yang melibatkan tokoh agama, tokoh masyarakat, seluruh partai politik yang ada di Banyuwangi di Destinasi Wisata Djawatan, Desa Benculuk, Kecamatan Cluring, Banyuwangi, pada Rabu (11/09/2024).

Ketua KPU Banyuwangi, Dian Purnawan saat berpidato menyatakan bahwa kegiatan kirab maskot ini menjadi salah satu peranan penting untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pilkada 2024 mendatang.

Bacaan Lainnya

Beberapa maskot yang dikirab diantaranya dua karakter penting yaitu “Si Jalih”, maskot Pilkada Serentak 2024 Jawa Timur dengan slogan “Jatim Memilih”, dan “Si Wangi”, maskot khusus Pilkada Banyuwangi 2024 dengan tagline “Suara Aspirasi Banyuwangi”.

Kirab maskot ini bertujuan untuk sosialisasi dan edukasi bagi masyarakat Banyuwangi untuk mengingatkan kepada masyarakat tentang pentingnya memilih dan bagaimana proses pemilihan yang akan berlangsung pada 27 November mendatang.

Dimulainya Kirab ditandai dengan kedatangan “Si Jalih” dari Kabupaten Jember di Banyuwangi yang disambut meriah oleh maskot lokal “Si Wangi” Kemudian dilanjutkan dengan sambutan hangat dan parade, mulai dari Ruang Terbuka Hijau (RTH) Benculuk hingga Destinasi Wisata Djawatan.

Peserta kirab terdiri dari unsur-unsur KPU Banyuwangi, termasuk Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), serta staf kesekretariatan. Selain itu, semakin meriah dan istimewa pelaksanaan kirab dengan ditampilkannya kesenian lokal mulai dari tari Gandrung,barongsai hingga kesenian Kebo-keboan.

Kegiatan ini juga melibatkan dinas dan instansi terkait serta masyarakat setempat yang antusias mengikuti rangkaian acara. Keikutsertaan berbagai pihak diharapkan dapat memberikan dorongan positif bagi masyarakat untuk lebih aktif dalam proses pemilihan nanti.

Dian menambahkan, partisipasi masyarakat Banyuwangi saat pemilihan dari tahun ke tahun selalu meningkat. “Dengan adanya kirab ini, diharapkan partisipasi pelaksanaan Pilkada Banyuwangi 2024 berjalan dengan lancar, damai dan Kondusif,” ujar Dian.

Kegiatan kirab maskot ini juga diharapkan dapat memberikan semangat dan informasi yang jelas mengenai hak dan kewajiban para pemilih serta masyarakat dapat memastikan seluruh proses dalam pemilihan berjalan dengan lancar dan demokratis.

“Pilkada serentak 2024 tidak hanya ajang pemilihan pemimpin, tetapi juga menjadi momentum seluruh elemen masyarakat untuk terlibat aktif dalam pesta rakyat demokrasi,” pungkasnya.

Pos terkait