Perkuat Jaring Sosial, Pemdes Kuluran Lamongan Bagikan 600 Paket Sembako

Kepala Desa Kuluran Saat Memberikan Sembako

LINTASJATIM.com, Lamongan – Pemerintah Desa (Pemdes) Kuluran Kecamatan Kalitengah Kabupaten Lamongan membagikan sebanyak 600 paket sembako kepada warga.

Kegiatan ini dilakukan untuk meringankan beban sekaligus memperkuat jaring pengamanan sosial di tengah kesulitan ekonomi akibat dampak penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

Bacaan Lainnya

Kepala Desa Kuluran, Ahmad Syafik mengatakan pembagian paket sembako merupakan bagian dari upaya Pemdes untuk meningkatkan kepekaan, kepedulian dan solidaritas.

Suasana guyub harus terus dipertahankan agar antar sesama warga saling menjaga dan menguatkan sehingga dapat melewati masa Pandemi.

“Paket sembako yang kami berikan ini rata pada seluruh warga desa melalui 18 Ketua RT. Berisi 1 paket beras 5 Kg, 1 Kg telur dan 1 paket Vitamin C 50mg,” katanya, Rabu (20/5/2020) saat ditemui Lintasjatim.com di sela-sela acara pembagian sembako.

“Sembako yang bersumber dari PAD ini jangan dilihat dari nominalnya, saya atas nama Pemerintahan desa sangat peduli dengan warga dan berupaya untuk bisa meringankan beban masyarakat.” lanjutnya.

Ahmad Syafik menambahkan, pihaknya juga melakukan sosialisasi tentang imbauan agar warga yang ada di perantauan agar tidak mudik. Hal ini demi kelancaran dalam pencegahan Covid-19 sesuai imbauan Pemerintah Kabupaten Lamongan.

“Saya bersama Babinsa, Babinkamtibmas, Bidan Desa, Pendamping Desa dan seluruh Relawan Desa mengimbau kepada seluruh warga masyarakat Desa Kuluran yang ada di perantauan untuk sementara tidak mudik dulu. Sayangi diri anda, sayangi keluarga anda, sayangi masyarakat semua, mari bersatu, melawan dan mencegah Covid-19,” tegasnya.

Ia juga mengimbau masyarakat selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan, jaga jarak, hindari keramaian, senantiasa menggunakan masker dan jangan keluar rumah jika tidak ada keperluan mendesak.

Kekompakan masyarakat Kuluran menjadi kunci untuk melindungi desa dari penyebaran Covid-19. “Mari kita jaga bersama untuk kesehatan dan kepentingan bersama,” imbaunya.

Warga Desa Kuluran, Karimah (67) mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih kepada pemerintah desa yang turut membantu meringankan beban warga.

Pasalnya, selama Pandemi ini banyak warga yang mengalami kesulitan ekonomi karena pendapatan tersendat. Bahkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari harus mencari pekerjaan lain yang menghasilkan.

“Alhamdulillah bantuan sembako ini sangat bermanfaat untuk keluarga saya. Sekali lagi terima kasih Pak Kades dan pemerintah. Semoga Covid-19 segera berakhir dan kami bisa bekerja sebagaimana biasanya,” Tandasnya.

Pos terkait