Gempa Bumi Magnitudo 4,9 Richter Guncang Gianyar Bali

ilustrasi gempa bumi
ilustrasi gempa bumi

LINTASJATIM.com, Banyuwangi – Gempa bumi dengan magnitudo 4.9 mengguncang wilayah Gianyar, Bali pada pukul 09:51:44 WITA Sabtu (07/09/2024). Informasi gempa Bali tersebut disampaikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bali.

BMKG masih menghimbau kepada masyarakat untuk tetap hati-hati dan selalu waspada terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi.

Bacaan Lainnya

Pusat gempa terletak di Desa Sidan, Gianyar dengan kedalaman 10 kilometer membuat petugas dari BPBD Bali melakukan upaya pengecekan bangunan di beberapa lokasi.

I Made Rentin Kalaksa dari BPBD Bali mengatakan hingga pukul 12:05 WITA telah terjadi lima gempa susulan dengan magnitudo terkecil 1.8 dan terbesar 2.6.

Meskipun guncangan tersebut tidak menimbulkan kerusakan, laporan terbaru menunjukkan bahwa sementara ini tidak ada korban jiwa yang bisa dilaporkan.

Hanya beberapa bangunan yang mengalami keretakan imbas gempa tersebut, kerusakan bangunan yang teridentifikasi pasca-gempa. Bangunan yang mengalami keretakan itu ada di Balai Banjar Bukit Sari di Desa Sidan, Sekolah Dasar Negeri (SDN) 3 Sidan dan Kantor Dinas Pariwisata (Dispar) Gianyar.

“Tim dari BPBD Bali telah dikerahkan untuk memberikan bantuan dan dukungan kepada masyarakat yang terdampak dan hingga kini masih terus melakukan pemantauan serta evaluasi untuk memastikan dampak gempa secara keseluruhan,” tutup I Made Retin.

Pos terkait