Waspada! Bengawan Solo di Bojonegoro Siaga 2, BPBD Siapkan Ratusan Sandbag

BPBD Bojonegoro Persiapkan Ratusan Sandbag
BPBD Bojonegoro Persiapkan Ratusan Sandbag

LINTASJATIM.com, BojonegoroBengawan Solo di Bojonegoro masuk siaga Kuning atau siaga 2. Ketinggian air Bengawan Solo mencapai 13.06 pilschal. Sementara ketinggian air di Waduk Karangnongko mencapai 27,59 pilschal.

“Iya siaga kuning tepat pukul 18.00 WIB. Dengan ketinggian air pada 13.06 pilschal,” ujar Sekretaris BPBD Bojonegoro Samsul Arif kepada detikJatim, Kamis ( 16/2/2023).

Bacaan Lainnya

Dengan kondisi Bengawan Solo yang ketinggian airnya terus naik, BPBD melakukan langkah-langkah persiapan dengan di antaranya melakukan pengecekan kayu-kayu yang digunakan untuk pintu doorlock di rumah-rumah warga di sepanjang tanggul di Kelurahan Jetak, Ledok Wetan, dan Banjarjo.

Selain itu, sebanyak 500 sak diisi pasir (sandbag) juga telah disiapkan oleh para petugas BPBD Bojonegoro guna mengantisipasi jika terjadi luberan Bengawan Solo.

“Sore ini kita juga sudah lakukan pengecekan pintu doorlock di beberapa kelurahan di antaranya Jetak, Ledok Wetan, dan Banjarjo. Ada sekitar 36 pintu, yang sudah ada pintu kayu doorlock 6 pintu, dan yang lainnya tidak ada doorlock,” ujar Agus Purnomo, Petugas BPBD Bojonegoro.

Data yang dihimpun detikJatim, di beberapa kota di wilayah hulu, di antaranya, Solo, Ponorogo, Madiun, Ngawi, dan Bojonegoro terjadi hujan deras mulai sore tadi.

Informasi level atau tingkatan ketinggian air Bengawan Solo di Bojonegoro:

Siaga 1 (Hijau) : 12.06 pilschal
Siaga 2 (Kuning) : 13.06 pilschal
Siaga 3 (Merah) : 14.04 pilschal

Pos terkait