Senat Mahasiswa FDK UINSA Gelar Talkshow Kiat Sukses Raih Beasiswa

  • Whatsapp
Para Pembicara Scholarship Talk Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Surabaya
Para Pembicara Scholarship Talk Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Surabaya

LINTASJATIM.com, Surabaya – Acara Scholarship Talk yang bertajuk “Merajut Asa Mahasiswa, Meraih Prestasi Bersama Beasiswa” berlangsung hari ini, Jum’at (6/7/2021) pada jam 08.00-11.30 WIB.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Senat Mahasiswa (SEMA) Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Negri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya.

Bacaan Lainnya

Scholarship Talk menghadirkan 2 narasumber. Masing-masing narasumber bergantian untuk memaparkan materi serta menjawab pertanyaan peserta.

Aris Bahari Rizki, M. A, Awardee 5000 Doktor Kemenag sekaligus Founder English Button menjelaskan dengan sangat rinci terkait strategi meraih beasiswa.

Menurutnya ada tujuh cara untuk mendapat beasiswa dengan mudah, yaitu: 1. Mulai dari meluruskan niat, 2. Menuliskan mimpi di atas kertas, 3. Meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris, 4. Mengikuti media sosial sponsor beasiswa, 5. Mencatat tanggal penting kegiatan, 6. Membangun networking sesama scholarship hunters, dan 6. Proactive.

“Kalian masih punya kesempatan dengan waktu yang banyak, persiapkan diri dari jauh-jauh hari,” tutur alumni University of Birmingham.

Ia juga menjelaskan persyaratan umum beasiswa. Menurutnya sertifikat kemampuan Bahasa Inggris (TOEFL Ibt, TOEFL ITP, IELTS, PTE Academic) sangatlah penting. Selain itu, personal statement, dan LoA Unconditional menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan.

“Kemampuan Bahasa inggris harus dilatih mulai sekarang agar ketika lulus sudah tidak perlu menyiapkan lagi mulai awal,” kata Aris dengan tegas.

Lain dari Aris, Mhd Handika Surbakti memiliki strategi tersendiri yaitu DGPA (Dream, Goal, Plan, Action). Hal tersebut berhasil menjadikan dirinya sukses dalam meraih beberapa beasiswa.

Founder UINSA Student Forum itu pun memaparkan beberapa keuntungan dalam menerima beasiswa. Diantaranya dukungan finansial, kesempatan berjejaring, pengembangan diri, dan perluasan cakrawala diri.

“Ketika kita mendapatkan beasiswa, kita bisa berjejaring dengan orang-orang yang mendapatkan beasiswa juga,” ujar Awardeen LPDP Universitas Indonesia.

Talkshow kali ini dipandu oleh Alvin Khoiron, S.I.Kom, Founder UINSA Public Speaking. Ia menutup kegiatan ini dengan menyampaikan sedikit kata motivasi.

“Mimpi tidak akan diraih hanya dengan keinginan, namun juga tindakan,” pungkasnya.

Pos terkait