Perkuat Kerjasama, IOP IAIN Kediri Kunjungi CDCIA UIN Yogyakarta

  • Whatsapp
International Office and Partnership IAIN Kediri melakukan kunjungan ke Center for Developing Cooperation and International Affairs (CDCIA) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
International Office and Partnership IAIN Kediri melakukan kunjungan ke Center for Developing Cooperation and International Affairs (CDCIA) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

LINTASJATIM.com, Kediri – International Office and Partnership IAIN Kediri melakukan kunjungan ke Center for Developing Cooperation and International Affairs (CDCIA) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kunjungan ini dalam rangka memperkuat kerjasama dan kolaborasi menuju Word Class University.

Wakil Rektor III IAIN Kediri, Dr. H. Wahidul Anam, M. Ag mengatakan sejak transformasi dari STAIN ke IAIN Kediri pada 2018, pihaknya berupaya melakukan akselarasi di berbagai aspek. Salah satunya di bidang kerjasama dalam dan luar negeri. Setelah 2 tahun berselang, kemudian dibentuk lembaga baru yang diberi nama International Office and Partnership (IOP).

“Tentu sebagai lembaga baru, kami perlu melakukan penataan baik dari sisi alur kerja, pengelolaan dan upaya mengoptimalkan sumber daya yang ada. Maka dalam hal ini, IOP dan CDCIA bisa saling berkolaborasi untuk saling memperkuat,” jelasnya, Senin (22/3) diwawancarai usai acara.

Ia menambahkan kolaborasi konkret dapat diwujudkan dalam bentuk program-program seperti lokakarya, seminar, workshop, konferensi dan pertemuan ilmiah lainnya. “Penerbitan temuan-temuan riset, penelitian dosen dan mahasiswa, serta pertukaran staf adalah beberapa di antara yang akan kita lakukan. Termasuk di dalamnya promosi pada mahasiswa asing,” tuturnya.

Direktur IOP IAIN Kediri, Dr. Fathor Rasyid, M.Pd menambahkan pihaknya sudah mulai melakukan penataan dokumen kerjasama dari seluruh fakultas dan prodi. Ke depan, seluruh dokumen tersebut akan didigilisasi dan diupload di website iain kediri agar semua yang berkepentingan dapat mengakses dengan mudah.

Wakil Rektor III UIN Sunan Kalijaga, Abdul Rozaki menuturkan UIN Sunan Kalijaga merasa terhormat dan bangga mendapat kunjungan dan diskusi banyak hal terkait kerjasama luar negeri. Secara khusus, ia mengapresiasi pembentukan IOP sebagai pioner kebangkitan kerjasama luar negeri kampus IAIN Kediri.

Selain melakukan kunjungan, IOP IAIN Kediri juga melakukan penandatanganan MoU untuk memperkuat pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi. Kedatangan IOP IAIN Kediri disambut dan diterima langsung oleh Warek III UIN Sunan Kalijaga didampingi oleh Kepala Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan, Dr. H. Mamat Rahmatullah, M.M, KabagKerja-sama, Dra. RTM Maharani, M.M., Ketua CDCIA, Ambar Sari Dewi, S.Sos., M. Si., Ph.D dan para staf lainnya. (Luk)

Pos terkait