Inovatif! Kwarcab Pramuka Kediri Luncurkan Aksi 100.000 Pramuka Menanam Sayur

  • Whatsapp
Pelantikan DKC Kediri Masa Bakti 2021-2025 [Lintas Jatim]
Pelantikan DKC Kediri Masa Bakti 2021-2025 [Lintas Jatim]

LINTASJATIM.com, Kediri – Dalam rangka menyemarakkan Hari Tunas Gerakan Pramuka dan upaya meningkatkan ketahanan pangan selama pandemi, Kwarcab Kediri menggelar Aksi 100.000 Pramuka Menanam Sayur.

Launching aksi digelar pada Selasa (9/3/2021) pukul 09.00 WIB di Kantor Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kediri.

Bacaan Lainnya

Kegiatan Launching Aksi 100.000 Pramuka Menanam Sayur dilaksanakan secara luring dan daring. Kegiatan luring hanya diikuti beberapa orang saja, yang terdiri dari pengurus Kwarcab dan beberapa pihak terkait.

Dinas Pertanian Kabupaten Kediri dan Kwartir Cabang Kediri berkolaborasi penuh dalam mensukseskan kegiatan aksi atraktif tersebut.

Jumlah 100.000 Pramuka didasarkan pada data anggota Pramuka di Kediri melalui SIPA (Sistem Pengelolaan Anggota Pramuka).

Selain launching kegiatan aksi, pelantikan DKC (Dewan Kerja Cabang) Kediri juga termasuk salah satu rangkaian acara tersebut.

DKC Kediri dilantik langsung oleh Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kediri, Drs. H. Masykuri, MM.

“Dengan ini saya melantik adik-adik DKC Kediri Masa Bakti 2021-2025. Tetap amalkan Trisatya dan Darma Pramuka”, ucap Masykuri dalam prosesi pelantikan.

Dalam sambutannya, Masykuri juga menyampaikan di era pandemi seperti sekarang ini, anggota pramuka hendaknya mengambil peran dan menjadi pelopor dalam menegakkan protokol kesehatan.

“Sekarang sudah saatnya anggota pramuka berinovasi dan berkreasi. Sebagai generasi muda penerus bangsa, pramuka harus memiliki trobosan-trobosan yang inovatif”, tambahnya.

Setelah prosesi pelantikan, dilanjutkan launching aksi ditandai dengan pemukulan gong dan penanaman sayur secara simbolis oleh Masykuri.

Muhammad Sirojul Munir Maulana, Ketua DKC Kediri Masa Bakti 2021-2025, menyampaikan dalam aksi ini tentunya membutuhkan persiapan yang matang.

“Kami melakukan koordinasi bersama pengurus Kwarcab, Dinas Pertanian Kabupaten Kediri, dan melakukan penyebaran informasi melalui surat serta berbagai konten di sosmed”, kata Munir.

Ia menambahkan bahwa suatu kebanggaan dan kebahagiaan dapat menggerakkan dan mensolidkan anggota pramuka melalui aksi spektakuler tersebut.

“Setelah kegiatan ini, diharapkan pramuka kediri semakin solid, kreatif, dan dapat meningkatkan keterampilan dalam bercocok tanam”, pungkas Munir.

Pos terkait