Dorong Minat Baca, Yayasan Askara – GPAN Kediri Gelar Literasi Camp

Relawan Literasi
Relawan Literasi

LINTASJATIM.com, Kediri – Yayasan Askara Insan Nusantara bekerja sama dengan Gerakan Perpustakaan Anak Nusantara (GPAN) Kediri menggelar kegiatan Literasi Camp, Minggu, (13/10/2024). Sebanyak 150 pemuda dan masyarakat di Kediri Raya hadir sebagai peserta.

Ketua Yayasan Askara Insan Nusantara, Muhammad Choirul Anam mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan minat baca sejak dini dan memperkuat kemampuan literasi generasi muda.

Bacaan Lainnya

Acara ini, sambungnya, menghadirkan berbagai kelas menarik seperti kelas menulis cerpen, literasi keluarga, dongeng, dan read aloud.

“Perubahan besar selalu dimulai dari tindakan kecil. Sengaja kami rancang acara dengan menarik dan menyenangkan. Sesuai dengan gaya belajar gen z, penuh interaksi dan keakraban. Narasumbernya ada Kak Lukman untuk kelas Jurnalistik, Mas Dav kelas menulis cerpen, Kak Fitri kelas read aloud, Kak Nurul kelas literasi keluarga dan Kak Rahma kelas dongeng,” terang Anam saat diwawancarai di lokasi acara.

Bahruddin, salah satu peserta, mengaku sangat senang bisa mengikuti kegiatan ini, bukan hanya karena dikemas dengan banyak permainan menarik, namun juga para narasumber menjelaskan materi dengan menyenangkan.

“Saya jadi lebih termotivasi untuk membaca buku dan memahami berbagai topik baru yang sebelumnya tidak terpikirkan. Apalagi peserta dan panitia semua seru sekali, semoga ada lagi acara seperti ini,” ungkapnya.

Acara yang juga didukung penuh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbidristek melalui Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra ditutup dengan sesi penyerahan buku pada seluruh peserta.

Kegiatan Literasi Camp diharapkan dapat menjadi agenda tahunan yang terus mendorong minat baca generasi muda.

Pos terkait