Asah Kreatifitas Santri, Rakit Prototipe Robot Pertanian

LINTASJATIM.com, Malang – Dua siswa SMPI Sabilurrsoyad Gasek, Kota Malang, M. Naufal Aditya dan Ali Muchsin terlihat serius mengotak-atik peralatan elektronik di depannya.

Kedua pelajar ini rupanya sedang mengecek robot buatannya, agar bisa berfungsi normal. Sesekali pelajar yang tergabung dalam anggota ekstra elektro tersebut menguji robot yang dibuatnya.

Naufal bertanggung jawab atas rangkaian elektronik dan mekanik robotnya. Sedangkan, Muchsin bagian mengontrol cara kerja robot mulai dari pemrograman robot yang sudah disusun anggotanya, sampai dengan uji coba robot.

“Kami sangat senang bisa merakit robot sederhana ini, kita bekerjasama untuk menghasilkan robot yang terbaik karena nanti kita ikutsertakan lomba kreatif robot di malang” tutur Naufal kepada numalang.id (03/10/2024).

Pembina extrakulikuler Elektro Fasya mengungkapkan, kami sangat yakin para santri finalis kita mampu bersaing dengan finalis lain dari berbagai daerah, yang barangkali lebih berpengalaman di berbagai ajang lomba robotika.

Robot diberi nama ‘Harva Robot’ (Harvesting Assistant Robot) merupakan purwarupa dalam bentuk robot 4 roda yang bekerja dengan sistem remot kontrol. Disisi lain juga memiliki bagian khusus berupa sistem conveyor yang berfungsi untuk memindah, mengangkut hasil pertanian, seperti jagung, biji-biji an dan sebagainya.

“Sehingga fungsinya dibuat semirip mungkin dengan aslinya yaitu membantu proses panen dan mempermudah pengemasan hasil panen,” imbuhnya

Dengan catu daya baterai 8 volt dan memanfaatkan tombol – sensor sentuh, robot ini mampu berjalan dan memutar, serta memindahkan barang lewat conveyor yang sudah terpasang di atas robot.

Fasya menambahkan, ekstra elektro ini cukup bagus regenerasinya. Meski tidak banyak, tapi rerata pesertanya cukup serius. Sehingga, diharapkan bisa meningkatkan kreativitas pelajar.

Para santri yang ikut elektro akan kita perkenalkan juga ke bidang robotik karena saat ini teknologi menjadi salah satu Point of Interest bagi para santri.

Pos terkait