STIE Widya Wiwaha Yogyakarta Adakan Visiting Profesor Bersama Prof. Dr. Abdul Halim

LINTASJATIM.com – Yogyakarta, Memasuki perkuliahan semester genap Program Pasca Sarjana, Kampus STIE Widya Wiwaha Yogyakarta adakan visiting profesor bersama Prof. Dr. Abdul Halim, M.B.A., Ak., CA., pada Minggu, (8/9/2024).

Acara yang digelar di Gedung Pasca Sarjana STIE Widya Wiwaha tersebut diikuti oleh puluhan Mahasiswa Pasca Sarjana Prodi Menajemen dari berbagai kabupaten.

Prof. Abdul Halim merupakan Guru Besar yang pernah menjabat sebagai Ketua Program Pasca Sarjana Prodi Manajemen STIE Widya Wiwaha.

Selaku narasumber, beliau mentransfer pengetahuan menggunakan pendekatan interaktif agar mampu menghidupkan suasana forum dalam berdiskusi.

Sosok yang akrab disapa Prof. Halim menjelaskan bahwa dalam penerapan sistem pengendalian manajemen, seorang harus menguasai menajemen strategik dan manajemen operasional.

Selain itu, sistem pengendalian manajemen juga harus mampu memahami ilmu psikologi atau dikenal dengan ilmu mengenai perilaku seseorang.

“Kunci dari sistem pengendalian manajemen di dalam organisasi harus memahami manajemen strategi, manajemen operasional dan ilmu psikologi,” jelasnya.

Tujuan dari sistem pengendalian manajemen adalah untuk mencapai tujuan yang telah disepakati, baik tujuan pribadi maupun tujuan umum organisasi.

Hal itu juga disampaikan Prof. Halim bahwa dalam menciptakan dan merancang sebuah sistem organisasi harus selaras dengan tujuan.

“Agar tujuan tercapai, sistem yang digunakan harus selaras dengan organisasi atau biasa disebut Goal Congruence ,” ujarnya.

Beliau juga manjelaskan bahwa untuk mengimplementasikan strategi yang benar, sebuah organisasi harus memahami strategi yang dilakukan.

Karena tata kelola organisasi yang baik, harus mampu mengatur manusia agar melakukan sesuai dengan strategi yang direncanakan.

Strategic planning, lingkungan pengendalian dan struktur pengendalian menjadi fokus dalam menerapkan manajemen strategi,” pungkasnya. (*)

Pos terkait