Teks Khutbah Jumat NU Terbaru 2021 Bahasa Indonesia PDF: Islam Itu Indah Serta Mengajarkan Kasih Sayang

  • Whatsapp
Ilustrasi Kebersamaan
Ilustrasi Kebersamaan

Teks khutbah jumat NU berikut ini membahas tentang “Islam Itu Indah Serta Mengajarkan Kasih Sayang”. Sebaliknya, Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW tidak mengajarkan kekerasan apalagi sampai menghilangkan nyawa seseorang.

Khutbah jumat ini renungan bagi jamaah agar selalu bersikap lembut dalam menyebarkan Islam. Khutbah bulan safar berikut tersedia dalam versi PDF dan bisa download teks pada menu di akhir tulisan.

Bacaan Lainnya

PDF tersedia dalam ukuran kertas A4 dua kolom, khotib cukup download naskah, print, kemudian potong kertas menjadi dua bagian. Sehingga ukuran lebih praktis saat dibawa naik ke mimbar. Semoga bermanfaat…

Silahkan bergabung di grup Telegram untuk mendapatkan Materi Khutbah terbaru dari KHUTBAHSINGKAT.com dengan cara klik “Berlangganan” BERLANGGANAN atau https://t.me/khutbahjumatsingkat

MUKADIMAH KHUTBAH JUMAT

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ لَهُ الْحَمْدُ كُلُّهُ وَ لَهُ الْمُلْكُ كُلُّهُ وَ بِيَدِهِ الْخَيْرُ كُلُّهُ وَ إِلَيْهِ يَرْجِعُ الْأَمْرُ كُلُّهُ وَأَشْهَدُ أَنْ لَاإِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ فِيْ ذَاتِهِ وَ أَسْمَائِهِ وَصِفَاتِهِ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ أَفْضَلُ مَخْلُوْقَاتِهِ أَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَ بَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ عَلَى أَلِهِ وَ أَصْحَابِهِ الْمُقْتَدِيْنَ بِهِ فِيْ كُلِّ حَالَاتِهِ. أما بعد فَيَا عِبَادَاللهِ أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ وَتَزَوَّدُوْا فَإِنَّ خَيْرَالزَّادِ التَّقْوَى فَقَالَ اللهُ عَزَّ مِنْ قَائِلٍ : لَقَدْ جَاءَكُمْ رَسُولٌ مِنْ أَنْفُسِكُمْ عَزِيزٌ عَلَيْهِ مَا عَنِتُّمْ حَرِيصٌ عَلَيْكُمْ بِالْمُؤْمِنِينَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ

Jamaah yang Dirahmati Allah

Adalah sebuah keniscayaan bagi kita semua untuk meningkatkan takwallah. Perwujudannya adalah dengan mengukur kualitas dan kuantitas dalam menjalankan perintah dan menjauhi larangan-Nya. Dengan demikian, setiap pekan kita hendaknya jujur melakukan penilaian kepada diri sendiri apakah ketakwaan tersebut kian meningkat atau justru sebaliknya.

Karenanya dalam setiap khutbahnya, khatib senantiasa meningkatkan pentingnya meningkatkan takwallah ini. Hal tersebut tentu saja memiliki makna yang sangat dalam agar jamaah khususnya khatib berupaya terus lebih baik.

Maasyiral Muslimin Rahimakumullah

Hal yang juga harus diingatkan pada bulan Safar ini dan juga bulan berikutnya adalah hendaknya menghindari melakukan kekerasan atas nama agama Islam. Karena di sejumlah tempat banyak orang yang berdalih mencintai Islam dan negeri ini dengan melakukan tindak kekerasan dan perilaku kasar dan bengis. Padahal, kelemah lembutan merupakan cermin seorang mukmin yang hatinya diliputi kasih sayang. 

Sebaliknya, orang yang berperilaku keras dan berhati kasar merupakan cermin hati yang buruk, angkuh dan penuh kebencian. Islam adalah agama rahmatan lil ‘alamin yang mengajarkan kasih sayang, cinta dan perdamaian kepada seluruh anak bangsa.

Lemah lembut adalah sifat terpuji di hadapan Allah SWT dan Rasulullah, bahkan di hadapan seluruh manusia. Fitrah manusia yang cenderung mencintai kelembutan merupakan wujud kasih sayang. Oleh karena itu, Allah SWT mengingatkan Rasul-Nya dalam surat Ali-Imran ayat 159:

 فَبِمَا رَحْمَةٍ مِّنَ ٱللَّهِ لِنتَ لَهُمْ ۖ وَلَوْ كُنتَ فَظًّا غَلِيظَ ٱلْقَلْبِ لَٱنفَضُّوا۟ مِنْ حَوْلِكَ ۖ فَٱعْفُ عَنْهُمْ وَٱسْتَغْفِرْ لَهُمْ وَشَاوِرْهُمْ فِى ٱلْأَمْرِ ۖ فَإِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى ٱللَّهِ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ يُحِبُّ ٱلْمُتَوَكِّلِينَ 

Artinya: Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya. 

Maasyiral Muslimin Rahimakumullah

Baca Halaman Berikutnya…

Pos terkait