Khutbah Jumat Terbaru 2021 PDF Singkat Padat: 3 Cara Menjaga Kualitas Diri

  • Whatsapp
Ilustrasi Orang Sukses
Ilustrasi Orang Sukses

Khutbah jumat NU bahasa Indonesia berikut ini mengangkat tema 3 Cara Menjaga Kualitas Diri. Dalam teks khutbah ini akan dijelaskan tentang tiga hal yang bisa meningkatkan atau menjaga kualitas diri seseorang berdasarkan hadist Rasuallah SAW.

Khutbah jumat singkat padat bikin haru ini ditulis oleh H. Abd. Basit M.F, M.H.I. Teks khutbah berikut juga telah publish di situs resmi PCNU Ponorogo dan telah dimodifikasi atau disempurnakan oleh redaksi Khutbah Singkat.

Bacaan Lainnya

Silahkan download teks khutbah PDF singkat padat berikut ini pada menu di akhir tulisan. Kertas atau teks berukuran A4, khotib cukup download, print kemudian potong menjadi dua bagian. Semoga bermanfaat..

Silahkan bergabung di grup Telegram untuk mendapatkan Materi Khutbah terbaru dari KHUTBAHSINGKAT.com dengan cara klik “Berlangganan” BERLANGGANAN atau https://t.me/khutbahjumatsingkat

MUKADIMAH KHUTBAH JUMAT

اَلْحَمْدُ لِلّهِ …اَلْحَمْدُ لِلّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِ اللهُ فَهُوَ الْمُهْتَدُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَنْ تَجِدَ لَهُ وَلِياًّ مُرْشِداً. اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ وَحَبِيْبُهُ وَصَفِيُّهُ وَخَلِيْلُهُ اَللهُـمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلىَ سَـيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَاَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ

أما بعد ، فيا أَيُّهَا الْمُؤْمِنُوْنَ الْكِرَامُ ، اُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِي بِتَقْوَ اللهِ وَطَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ. قَالَ اللهُ تَعَالَى فِى الْقُرْآنِ الْكَرِيْمِ: يَا اَيُّهَا الَّذِيْنَ اَمَنُوا اتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ اِلاَّ وَاَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ

Jamaah jumah rahimakumullah..

Marilah kita senantiasa menjaga kualitas iman dan taqwa dalam hati kita masing-masing karena seseorang bisa bisa menjadi baik itu berangkat dari hatinya masing-masing, seseorang diakatakan baik itu berdasar pada akhlak dan pekerti yang baik.

Dalam hadits yang ditakhrij oleh Abu Dzarr diriwayatkan dari Muadz bin Jabal dari Rasulullah SAW, bersabda :

عن ابى ذر عن معاذ ابن جبل رضي الله عنه عن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال : إِتَّقِ الله َحَيْثُمَا كُنْتَ وَأَتْبِعِ السَّيِّئَةَ اَلْحَسَنَةَ تَمْحُهَا وَخَالِقِ النَّاسَ بِخُلُقٍ حَسَنٍ   رواه الترميذي

“Bertaqwalah dimanapun kamu berada. Ikutilah perbuatan jelek dengan perbuatan, baik, niscaya akan menghapusnya, berakhlaklah kepada manuasia dengan akhlak yang baik” (HR. at-Tirmidzi).

Jamaah jumah rahimakumullah..

Dari riwayat tersebut terdapat 3 poin besar yang dapat memperbaiki maupun menjaga kualitas seseorang, yaitu:

1. Taqwa kepada Allah dimanapun kita berada

Taqwa dimanapun kita berada adalah suatu perintah yang dianggap mudah tapi sangat sulit diperaktekkan dalam keseharian oleh kepribadian seorang muslim, sebab dalam unsur taqwa kita merasa bahwasannya gerak-gerik kita kita senantiasa diawasi oleh Allah SWT,, ucapan kita, perbuatan kita bahkan uneg-uneg kita yang masih ada dalam hati kita Alloh pun tahu, sebab Allah SWT, mempunyai sifat : عَلِيْمٌ (maha mengetahui),, بَصِيْرٌ(maha melihat) خَبِيْرٌ (maha mengetahui rahasia) dimana semua sifat tersebut menunjukkan kekuasaan Allah dalam meliput semua kegiatan dan aktifitas kita, makanya dalam al-Qur’an dijelaskan :

يَعْلَمُ خَآئِنَةَ ٱلْأَعْيُنِ وَمَا تُخْفِى ٱلصُّدُورُ

 “Dia mengetahui (pandangan) mata yang khianat dan apa yang disembunyikan oleh hati.” (al-Mukmin/al-Ghofir : 19)

Dalam ayat tersebut Allah SWT, senantiasa mengetahui apa-apa yang dapat menipu pandangan manusia dan apa-apa yang ada dalam bathin manusia. Melihat ayat ini berarti kita sebagai manusia hendaknya hati-hati dan waspada dalam bertindak berucap dan berkeinginan.

Baca halaman berikutnya..

Pos terkait