Kemendes Abdul Halim Iskandar Apresiasi Pengolahan Limbah Popok di Lumajang

  • Whatsapp
Drs. Abdul Halim Iskandar, M.Pd. Saat Mengunjungi Pengolahan Limbah Popok
Drs. Abdul Halim Iskandar, M.Pd. Saat Mengunjungi Pengolahan Limbah Popok

LINTASJATIM.com, Lumajang – Aktifitas pengolahan limbah popok di Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang mendapat apresiasi dari Drs. Abdul Halim Iskandar, M.Pd.

Hal itu disampaikan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi RI pada saat mengunjungi hasil kerajinan dari bahan limbah popok pada Jum’at (13/11/2020) kemarin.

Bacaan Lainnya

“Bagus sekali ini, saya sangat mengapresiasi pengrajin popok bekas yang disulap jadi bahan-bahan hias. Ini harus ditingkatkan, sebab bisa membantu pemerintah dalam mengurangi sampah,” ujar Gus Halim sapaan akrabnya.

Pada kunjungan itu Gus Halim ditemani ibu Menteri yang didampingi langsung oleh Bupati lumajang Toriqul Haq, Wakil Bupati Ibu Hj. Indah Amperawati, Kadis Dinas Lingkungan Hidup, Kadisnakertrans, Kadis DPMD beserta unsur lainnya.

Pengolahan limbah popok tersebut dilakukan oleh Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Bina Lestari kerjasama dengan Bumdes Sumberwuluh.

Nurcholis Ketua KSM Bina Lestrasi mengatakan, dirinya tergerak untuk menjaga lingkungan dari sampah. Sebab, selama ini sampah menjadi persoalan utama di lingkungan. Apalagi sampah popok yang dibuang sembarangan.

Sementara itu, Yuli Kadis Lingkungan Hidup mengungkap, pengolahan dan pemanfaatan limbah di Lumajang ini dimulai dari Desa Sumberwuluh. Penanggungjawab program ini kepala desa setempat yaitu Abdul Azis.

“Agar program ini berkelanjutan, semua pihak ber bersinergi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Dinas Tenaga kerja. karena dalam pengelolaan limbah popok mengedepankan pemberdayaan masyarakat,” jelasnya.

“Meskipun dari dipelosok desa jika tetap peduli dengan lingkungan dan alam kita akan selalu bermanfaat dan bermartabat agar terus bergerak untuk bumi menuju lumajang bersih dan sehat,” tutup Yuli. (Choirul/Stj)

Pos terkait