Menjawab Tantangan Global, PCI Fatayat NU Taiwan Bekali Pekerja Migran Indonesia Skill Bahasa Inggris

11 Nov 2019
896 times

Lintasjatim.com, Pimpinan Cabang Istimewa (PCI) Fatayat NU Taiwan menyelenggarakan pembelajaran Bahasa Inggris untuk meningkatkan skill para pekerja migran dari Indonesia yang berada di Taiwan, Minggu 10 November 2019, di Sekretariat PCI NU Taiwan, No 13 Alley 10 Ln 40 Changan W.Rd, Taipei City.

Kegiatan tersebut sebagai wujud implementasi kemajuan zaman agar pekerja migran dari Indonesia mampu bersaing di kancah global khususnya dengan hal mendasar yakni skill Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional, tutur Miftahul Jannatin salah satu pengurus PCI Fatayat NU Taiwan kepada lintasjatim.com.

Kegiatan yang diikuti oleh 30 kader muda Nahdatul Ulama yang tengah menempuh studi program doctor National Chiao Tung University Taiwan itu berjalan antusias dengan tentor utama mahasiswa asal Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur Indonesia Miftakhul Jannatin.

Menurut Titin sapaan akrab tentor asal Sidoarjo itu, kegiatan dengan tema “Fun English For Life” ini bukan yang pertama kali diselenggarakan, namun sudah ketiga kalinya yang dalam pelaksanaannya diselenggarakan.

"Kalau dikalkulasi, jumlah peserta yang pernah bergabung dengan kelas tersebut hingga saat ini berjumlah 30-an peserta serta materi yang dipaparkan kepada para peserta juga cukup mudah dipahami. Baik dalam Pembahasan Grammar serta Conversation," ujarnya.

Para peserta telihat senang dalam mengikuti pelatihan ini karena materi yang dibawakan dikemas dengan baik sehingga meninggalkan kesan nyaman selama mengikuti pelatihan berbahasa Inggris.

Ada yang berbeda dengan English Club kali ini. Pada pertemuan pertama dan kedua, Titin, sapaan tentor kegiatan ini hanya mengajar sendiri. Namun pada pertemuan ketiga ini ia menggandeng salah seorang mahasiswa doctoral di National Chiao Tung University juga yang berasal dari Yaman. Hal tersebut bukan tanpa alasan, namun untuk benar-benar mengaplikasikan ilmu yang didapat selama kegiatan dengan foreigner asli. 

"Senangsekali bisa berbagi ilmu walaupun sedikit, karena meskipun kuliah S3 kimia, tapi bahasa pengantar dan kesehariankan menggunakan Bahasa Inggris. Jadi sekaligus mengamalkan ilmu, terlebih untuk saudara saudara sesama Indonesia. Jadi nyata gitu pengamalannya,” Kata tentor dengan segudang prestasi sekaligus menjabat sebagai sekretaris PCI Fatayat NU Taiwan tersebut.

“Saya berharap semoga Fatayat di PCINU Taiwan ini benar-benar bermanfaat untuk umat sesuai dengan slogannya, jadi ketika ada kader yang kompeten, ya bisa menularkan ilmunya ke kader lain, apalagi Mbak Titin kan mahasiswa, bisa menularkan ke kami yang mayoritas para pekerja ini.” Tambah Tarnia Tari, ketua PCI Fatayat NU Taiwan.

Kontributor : Anis Sulalah, Bidang Media dan Publikasi PCI Fatayat NU Taiwan

Rate this item
(0 votes)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Lintas Jatim merupakan portal berita yang menyajikan berbagai informasi aktual seputar peristiwa atau kegiatan yang ada di Jawa Timur.

13195895
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
13051
29130
131103
12829965
454561
621835
13195895
Your IP: 3.226.122.74
2020-02-21 14:37