Desa Kemiren Harumkan Nama Banyuwangi, DapatAward Wonderful IndonesiaImpact-Recognition 2024

LINTASJATIM.com, Banyuwangi – Kabupaten Banyuwangi kembali menyabet juara di sektor pariwisata. Setelah meraih 50 Desa terbaik dalam ADWI, kembali Desa Osing Kemiren Banyuwangi meraih penghargaan bergengsi dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI yang berkolaborasi dengan Markplus.

Desa wisata adat Osing Kemiren ditetapkan sebagai salah satu dari 6 desa dalam ajang Wonderful Indonesia Impact-Recognition Award yang peduli Sustainable Development Goals (SDGs) 2030.

Apresiasi dan pengakuan tersebut diberikan kepada Desa Wisata Osing Kemiren. Banyuwangi yang berhasil menyelenggarakan program dengan menerapkan praktik 5P (People, Prosperity, Planet, Peace, dan Partnership) yaitu mendukung pemberdayaan masyarakat, meningkatkan kesejahteraan, melestarikan lingkungan, menjaga perdamaian, serta membangun kemitraan strategis dalam programnya.

Para peserta Wonderful Indonesia Impact-Recognition Award ini sebelumnya merupakan 50 peserta terbaik di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2024. Desa wisata tersebut memberikan dampak positif serta menunjukkan komitmen luar biasa dalam memajukan sektor pariwisata berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan.

Founder & Chair of MCorp Chair of MarkPlus Tourism Hermawan Kartajaya, menyampaikan selamat kepada Desa Wisata Osing Kemiren. Pada kesempatan ini, ia ingin mengundang Desa Kemiren menjadi bagian dalam Wonderful Indonesia Impact untuk menjadi nominasi.

“Kami undang Desa Wisata Osing Kemiren dalam pemberian awarding yang akan dilaksanakan secara live pada 19 September 2024 di Jakarta. Nantinya Banyuwangi merupakan 1 dari 6 penerima terpilih dengan total hadiah lebih dari 50 juta rupiah dan kesempatan kolaborasi dengan MarkPlus Impact,” ungkap Hermawan.

Kemiren bukan hanya kali ini saja meraih prestasi. Sebelumnya, Desa Wisata Osing Kemiren telah terpilih sebagai salah satu dari 50 desa terbaik dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024. Keberhasilan ini menegaskan dampak positif dan komitmen desa dalam memajukan sektor pariwisata.

Ke enam peserta terpilih yaitu Desa Wisata Osing Kemiren, Provinsi Jawa Timur, Desa Wisata Pela, Provinsi Kalimantan Timur, Desa Wisata Kreatif Terong, Provinsi Bangka Belitung, Desa Wisata Hanjeli, Provinsi Jawa Barat, Desa Wisata Selamanik, Provinsi Jawa Barat, Desa Wisata Duren Sari Sawahan, Provinsi Jawa Timur.

Pos terkait