Bakalan Seru! Ada Empat Poros di Pilkada Tulungagung, Siapa Saja?

Kantor KPU Tulungagung tampak dari depan. (mad)
Kantor KPU Tulungagung tampak dari depan. (mad)

LINTASJATIM.com, Tulungagung Hari ketiga pendaftaran kontestasi Pilkada serentak kian menarik di Kabupaten Tulungagung. Pasalnya, setelah 2 pasangan calon mendaftar di KPU Tulungagung, bakal ada dua pasangan calon lagi. Sehingga total akan ada 4 poros yang dalam pesta demokrasi.

Pasangan pertama yang sudah mendaftar di KPU Tulungagung adalah Maryoto Birowo dan Didik Girnoto Yekti dengan akronim ‘Mardinoto’. Pasangan ini diusung oleh Partai PDIP, Partai NasDem, Hanura dan PAN.

Bacaan Lainnya

Selanjutnya, poros kedua adalah Gathut Sunu Wibowo dan Ahmad Baharudin dengan akronim ‘Gabah’. Pasangan ini diusung oleh Partai Gerindra, Partai Golkar, dan Partai Keadilan Sejahtera.

Gatut Sunu saat mendaftar di KPU Tulungagung meminta doa semoga tetap konsisten melayani masyarakat Tulungagung sesuai filosofi gabah atau padi. Yaitu semakin berisi semakin merunduk.

“Karena kami menyadari sepenuhnya bahwa jabatan yang diberikan adalah sarana pengabdian kepada masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Tulungagung yang sangat kami cintai ini,” tutupnya.

Poros ketiga, Budi Setiahadi dan Hj. Susilowati. Pasangan ini mencuat setelah di detik-detik akhir rekomendasi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Partai dengan Ketum Muhaimin Iskandar ini di Tulungagung memiliki suara sah 113.647 atau setara dengan 18,1 persen.

Saat ini, pukul 11.30 WIB Susilowati yang masih berstatus sebagai Ketua DPC PDIP Tulungagung tengah menyerahkan surat pengunduran diri. Sebab kali ini Ia akan maju dalam kontestasi pilkada 2024 mendatang melalui partai PKB.

Dengan mengenakan baju kemeja putih dan kerudung hitam, Susilowati keluar dari Kantor DPC PDIP 11.42 WIB. Membawa selembar map merah dan gawai tablet melontarkan bahwa saat ini sudah putih dengan senyum khasnya.

“Hari ini saya menyerahkan surat pengunduran diri sebagai Ketua DPC sekaligus sebagai keanggotaan PDI Perjuangan juga sekaligus sebagai keluarga besar PDIP Perjuangan,” ujar Susilowati.

Poros keempat, pasangan Santoso dan Samsul Umam juga mencuat di detik-detik akhir. Pasangan ini berangkat melalui kendaraan Partai Demokrat dan dua partai non parlemen yaitu PPP dan PBB. Sehingga total suara sebesar 8,6 persen.

Santoso sendiri masih aktif Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Sedangkan KH Samsul Umam tercatat sebagai Ketua Baznas Tulungagung. (mad)

Pos terkait