Petaka! Ribuan Ayam di Srono-Banyuwangi Hangus Dilahap Jago Merah

Kebakaran Kandang Ayam di Banyuwangi
Kebakaran Kandang Ayam di Banyuwangi

LINTASJATIM.comBanyuwangi, Sebuah kandang peternakan ayam di Desa Sumbersari, Kecamatan Srono, Banyuwangi beserta satu buah mobil truk yang terparkir di area kandang ayam dilahap oleh si jago merah pada Jumat (23/8/2024). Kerugian ditaksir mencapai Rp1,5 miliar.

Kebakaran hebat itu tidak sampai menelan korban jiwa. Namun, ribuan ternak ayam tewas terpanggang hidup-hidup.

Bacaan Lainnya

Pemilik peternakan ayam Eka Adi Nurcahyo (35), warga setempat memaparkan, sebelum kebakaran, salah satu pegawainya yang setiap harinya bekerja sempat mengecek dini hari, sekitar pukul 01.00 WIB dalam kondisi Aman lalu pergi istirahat.

Dua jam kemudian, terdengar suara ledakan yang sangat keras sehingga membangunkannya dari tidur lalu bergegas menuju sumber suara. Ternyata muncul asap dari lantai 2 kandang ayam. “Asap tebal dipicu api yang berkobar dari mesin pemanas di lantai 1. Dalam hitungan menit, si jago merah terus berkobar hingga melalap seisi kandang,” ujarnya.

Kemudian api kian tak terkendali menyambar truk yang terparkir di dalam kandang. Penjaga kandang sempat berusaha menyelamatkan mobil yang terbakar. Namun gagal menyelamatkannya hingga si jago merah keburu melalap kendaraan itu. Bahkan, sang penjaga terluka akibat sambaran api hingga dilarikan ke rumah sakit karena mengalami luka bakar.

Si jago merah berhasil dipadamkan setelah petugas pemadam kebakaran tiba di lokasi. Namun, api sudah menghanguskan seisi kandang ayam. Hingga kini penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan pihak kepolisian.

Kapolsek Srono. AKP Hendri Christianto saat ditemui awak media membenarkan peristiwa kebakaran kandang peternakan ayam yang ada di wilayahnya. “Masih dalan penyelidikan kami, untuk dugaan sementara akibat salah satu alat pemanas yang ada di kandang tersebut,” tutup Hendri.

Pos terkait