Eksplorasi Potensi Pelajar di Pacitan, IPNU IPPNU Desa Ploso Adakan Lomba Pelajar Merdeka

LINTASJATIM.com, PacitanPimpinan Ranting (PR) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama’ (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama’ (IPPNU) Desa ploso, Kecamatan Tegalombo, Kabupaten Pacitan adakan Lomba Pelajar dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan.

Lomba tersebut telah dilaksanakan mulai Senin (19/8/2024) dan dibuka secara luas untuk seluruh pelajar yang ada di wilayah Kabupaten Pacitan.

Bacaan Lainnya

Kegiatan yang bertajuk Lomba Pelajar Merdeka merupakan agenda yang dilakukan untuk menjalin silaturrohim antar pelajar.

Selain itu kegiatan tersebut juga untuk mengeksplorasi potensi yang dimiliki oleh pelajar di Kabupaten Pacitan.

Saat diwawancarai tim lintasjatim.com, Farel Herlino Saputra Selaku ketua PR IPNU Desa Ploso menyampaikan bahwa diadakannya lomba ini karena melihat potensi yang besar pada pelajar namun belum mampu tersalurkan sepenuhnya.

“Selain ajang untuk silaturrohim, lomba ini diadakan untuk menggali dan mengasah kemampuan pelajar yang ada di Kabupaten Pacitan,” ujarnya.

Bhekti Ananda Eka Putra selaku Pembina PR IPNU Desa Ploso juga menjelaskan bahwa selain melaksanakan kegiatan formal, kegiatan informal organisasi penting dilakukan untuk menunjang kapasitas keilmuan anggota.

“Organisasi IPNU IPPNU yakni kaderisasi informal itu penting, karena jantung dari organisasi ini terletak pada konsep besar organisasi yang dilakukan, maka kegiatan literasi ini relevan untuk pelajar,” ujarnya.

Aktivis muda NU yang akrab disapa Bhekti menambahkan bahwa kegiatan literasi seperti ini perlu didukung untuk mengembangkan soft skill dan hard skill pada kader dan anggota.

“Hal ini memang perlu kita dukung dan kita kawal sehingga SDM di organisasi nantinya bisa dimanfaatkan dalam hal kebaikan,” tambahnya.

Lomba Pelajar Merdeka terdiri dari 3 kategori yang meliputi lomba esai, lomba baca pusi dan lomba pidato.

Sebagai informasi tambahan, rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh PR IPNU-IPPNU Desa Ploso dalam memperingati kemerdekaan adalah sebagai berikut:

  1. Pembukaan Semarak Bulan Kemerdekaan & Talk Show “Bedah Sejarah Desa Ploso” : 9 Agustus 2024
  2. Lomba Pelajar Ceria : 12 Agustus 2024
  3. Panggung Syukur dan Panggung Kemerdekaan : 17 Agustus 2024
  4. Lomba Pelajar Merdeka : 19 Agustus – 11 September 2024
  5. Closing Ceremony Semarak Bulan Kemerdekaan 2024 & Seminar Kenakalan Dan Kesehatan Remaja : 15 September 2024

Pemenang Lomba Pelajar Merdeka akan diumumkan saat closing ceremony pada Minggu (15/9/2024). *

Pos terkait