Peduli Kehidupan Penyu, Komunitas Plastik Ireng Lakukan Bersih Sampah di Pesisir Pantai Pacitan

Pemuda Pacitan Komunitas Plastik Ireng
Pemuda Pacitan Komunitas Plastik Ireng

LINTASJATIM.com, PacitanPemuda Pacitan yang tergabung dalam Komunitas Plastik Ireng melakukan bersih-bersih sampah di sepanjang pesisir Pantai Pancer Door Pacitan pada Minggu (01/09/2024).

Kegiatan yang diikuti oleh puluhan pemuda dari berbagai wilayah di Kabupaten Pacitan menjadi kegiatan positif untuk menjaga ekosistem dari sampah plastik.

Bacaan Lainnya

Bersih sampah plastik merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menanamkan rasa peduli lingkungan pada pemuda, terutama yang masih bersekolah.

Hardika Yudha Pratama selaku koordinator Komunitas Plastik Ireng menyampaikan bahwa kegiatan ini lebih mengedukasi pemuda untuk peduli terhadap lingkungan.

“Tujuan kegiatan ini yang pertama lebih kepada peduli lingkungan, yang kedua edukasi berkaitan sampah plastik karena kebetulan yang ikut beberapa masih sekolah,” Ujarnya.

Dalam ekosistem di air, kegiatan bersih sampah plastik ini juga sebuah bentuk kepedulian terhadap hewan penyu.

Pemuda yang akrab disapa Dika juga menjelaskan, bahwa dalam beberapa kejadian penyu sering kali mengonsumsi plastik, karena dianggap sebagai ubur-ubur yang menjadi makanannya.

“Ini juga bentuk kepedulian terhadap penyu, karena penyu biasanya makan ubur-ubur, dan banyak kasus ketika sampah plastik hanyut ke laut kan mirip ubur-ubur dan itu termakan penyu,” pungkasnya.

Agenda bersih sampah di pesisir Pantai Pancer Door Pacitan tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan pelepasan Tukik (Anak Penyu) yang dilakukan bersama-sama dengan Komunitas Sahabat penyu dan Trash Hero.

Pos terkait