MWC NU Wilangan Gelar Kaderisasi Tingkat Dasar Pada Bulan Mei 2023

Musyawarah Terkait Persiapan Kegiatan PKPNU
Musyawarah Terkait Persiapan Kegiatan PKPNU

LINTASJATIM.com, NganjukMajelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Kecamatan Wilangan, Kabupaten Nganjuk akan mengadakan kaderisasi tingkat dasar (PD-PKPNU) di Yayasan Al Azhar Desa Ngadipiro pada tanggal 19 – 21 Mei 2023.

PD PKPNU MWC NU Wilangan ditargetkan diikuti sebanyak 100 orang, dan berlangsung selama tiga hari. Para peserta berasal dari Lembaga dan banom-banom NU serta Takmir Masjid Mushola.

Bacaan Lainnya

Kyai Muhsin selaku Pengurus MWC NU Wilangan mengatakan, PKPNU merupakan salah satu dari tiga jenjang pengkaderan di tubuh NU. Hal itu sesuai kebijakan kepengurusan PBNU mulai masa khidmah 2022-2027.

Penjenjangan kedua tingkat menengah yakni PKMNU atau Pendidikan Kader Menengah Nahdlatul Ulama. Ketiga, tingkat tinggi yaitu AKN-NU atau Akademi Kepemimpinan Nasional Nahdlatul Ulama.

Untuk diketahui, kaderisasi di lingkungan NU ini menjadi syarat bagi para kader untuk bisa menjadi pengurus. Hal tersebut tertuang di dalam Anggaran Rumah Tangga (ART) NU Bab XIII Pasal 39.

“Di dalam pasal tersebut dijelaskan bahwa pendidikan kaderisasi menjadi syarat untuk menjadi pengurus NU dan badan otonom,” kata Kyai Muhsin.

Sementara itu, Atourrohman Syahroni, Ketua Panitia PD PKPNU MWC NU Wilangan mengatakan jika kegiatan PD PKPNU akan di gelar di Yayasan Al Azhar Dusun Dukuhan Desa Ngadipiro pada tanggal 19 – 21 Mei 2023.

Untuk Peserta bersifat wajib sesuai dengan hasil rapat untuk Ranting NU se Wilangan masing-masing Ranting mendelagasikan minimal 2 peserta, untuk Takmir 2 Peserta per Desa, PAC Ansor Wilangan 12 Peserta, Pergunu 12, Muslimat NU 12, ISNU 4, PAC Pagarnusa 12, Fatayat minimal 12 Peserta terakhir 9 dari Pengurus MWC NU Wilangan.

“Saya optimis bahwa kegiatan tersebut bisa berjalan sukses. Saya mengajak kepada semua pihak khususnya jajaran panitia dan warga Nahdiyin pada semua tingkatan untuk mensukseskan kegiatan tersebut,” tutup Atok.

Pos terkait