Penemuan Tiga Kerangka Manusia di Situs Kumitir Mojokerto

Kerangka Manusia Situs Kumitir Mojokerto [Lintas Jatim]
Kerangka Manusia Situs Kumitir Mojokerto [Lintas Jatim]

LINTASJATIM.com, Mojokerto – Tiga kerangka manusia ditemukan di Situs Kumitir, Kabupaten Mojokerto oleh Tim Ekskavasi dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jatim. Ekskavasi tahap ketiga akan digelar selama satu bulan, yaitu 1-30 Maret 2021 yang difokuskan di wilayah barat pemakaman umum Dusun Bendo, Desa Kumitir.

Tiga kerangka manusia tersebut ditemukan oleh Tim Ekskavasi pada Rabu (3/3/2021) di kedalaman tanah 60 cm.

Bacaan Lainnya

“Di bawah tumpukan bebatuan kami menemukan tulang yang diketahui tulang kaki,” ujar Wicaksono Dwi Nugroho, Arkeolog BPCB Jatim, Selasa (16/3/2021).

Penemuan ini diteliti oleh pakar antropologi Universitas Airlangga (Unair) Surabaya. Toetik Koesbardiati, Pakar Antropologi Forensik Unair bersama tim mengambil sampel bagian tulang telinga dan tangan manusia untuk diteliti pada Selasa (9/3/2021).

Wicaksono menyampaikan setidaknya ada dua individu yang diidentifikasi Antropologi Forensik Unair.

“Salain itu, Tim Antropologi Unair juga menemukan kerangka manusia di sebelah utara serpihan tulang yang ditemukan pertama kali,” ujar Wicaksono.

Berdasarkan penemuan tersebut, kerangka manusia yang relatif utuh yaitu tulang belakang, tengkorak (sebagian sudah pecah), sebagian kecil rusuk, satu tulang tangan, sepasang tulang paha, dan tulang pinggul.

Penelitian terhadap penemuan ini bertujuan untuk menentukan kerangka yang ditemukan masuk dalam konteks Situs Kumitir zaman Majapahit atau masyarakat modern. Mengingat lokasi penemuan berdekatan dengan tempat pemakaman umum Dusun Bendo.

“Jika hasilnya satu konteks dengan Situs Kumitir Majapahit, maka ini data baru yang menceritakan kejadian pada Situs Kumitir dan Majapahit di masa lalu,” pungkas Wicaksono.

Pos terkait