Kasihan! Petugas Pemakaman Kelelahan dan Tidur di Kuburan

Petugas Pemakaman Tidur di Kuburan
Petugas Pemakaman Tidur di Kuburan

LINTASJATIM.com, Malang – Pemandangan tak biasa terjadi di area Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Malang. Diketahui peristiwa tersebut terjadi di TPU Nasrani, Kecamatan Sukun, Malang.

Foto yang telah beredar di media sosial tersebut memperlihatkan seorang petugas pemakamam umum Covid-19 kelelahan karena menunggu jenazah yang akan dimakamkan dengan memakai pakaian APD lengkap.

Bacaan Lainnya

Selain jauh dari keluarga, para petugas ini tak jarang harus kelelahan dan terkuras tenaganya karena jumlah pasien Covid-19 terus meningkat.

Hal ini membuat para petugas harus melakukan penggalian liang lahat sampai proses pemakaman dilakukan di tengah malam hingga pagi hari.

Tak heran para petugas ini rela menyempatkan waktu istirahat sebentar walau berada dikegelapan malam dan di tempat pemakaman.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelolaan Pemakaman Umum (PPU) Takroni Akbar menjelaskan awal peristiwa mengharukan ini.

“Bahkan kami sudah siap pukul 22.00 WIB, tapi ternyata jenazahnya baru datang pukul 04.30 WIB, tapi teman-teman tetap siap dan standby, akhirnya istirahat disekitar makam,” ungkapnya seperti dikutip dari jatimtimes.com.

Keterlambatan ini pun langsung dikoordinasikan dengan jajaran lainnya karena proses pemakaman tak boleh dilakukan melebihi 4 jam.

Dikhawatirkan bisa menular pada orang lain karena bisa bertahan diberbagai jenis material.

Namun Takroni, tetap mengapresiasi kinerja petugas pemakaman yang selalu siap siaga, kompak, dan bersemangat menjalankan tugas tanpa pernah mengeluh.

Harapannya agar pemerintah lebih memperhatikan kesehatan maupun tunjangan terhadap petugas pemakaman yang menjadi garda terakhir dalam penanganan Covid-19. Karena pekerjaan berat dan sangat beresiko. (Dyah/Mft)

Pos terkait