Diduga Sopir Mengantuk, Bus Peziarah Asal Yogyakarta Kecelakaan di Tol Jombang-Mojokerto

Bangkai Bus Peziarah Asal Yogyakarta Kecelakaan di Tol Jombang-Mojokero
Bangkai Bus Peziarah Asal Yogyakarta Kecelakaan di Tol Jombang-Mojokero

LINTASJATIM.com, MojokertoBus Pariwisata Dua Dewi bernopol K 7611 OF mengangkut rombongan peziarah asal Yogyakarta, menabrak truk di KM 709 A Astra Tol Jombang-Mojokerto (Jomo). Kecelakaan ini menyebabkan 1 penumpang luka berat dan 15 orang luka ringan.

Kepala Departemen Layanan Lalu Lintas Astra Tol Jomo Zanuar Firmanto mengatakan bus nopol K 7611 OF mengangkut rombongan peziarah asal Gunung Kidul, Yogyakarta dengan tujuan Madura.

Bacaan Lainnya

Saat kecelakaan terjadi, bus itu dikemudikan sopir bernama Ridwan Adi Saputro (39), warga Desa Bumirejo, Lendah, Kulonprogo. Bus itu masuk melalui Gerbang Tol Colomadu di Karanganyar, Jateng.

Bus pariwisata ini melaju dengan kecepatan 80 Km/Jam di ruas Astra Tol Jomo. Tiba di KM 709 A sekitar pukul 04.50 WIB, bus tersebut menabrak bagian belakang truk yang melaju searah di lajur 1 atau lajur kiri.

Tidak diketahui diketahui identitas truk yang ditabrak karena setelah kejadian kecelakaan, truk tersebut langsung kabur. Sang sopir truk segera tancap gas begitu ditabrak oleh bus rombongan peziarah.

Zanuar menjelaskan bahwa ada dugaan sopir bus rombongan peziarah asal Jogja itu mengantuk sehingga bus itu menabrak bagian belakang truk. “Pengemudi bus mengantuk sehingga menabrak truk yang berada di depannya,” kata Zanuar kepada detikJatim, Minggu (28/5/2023).

Kecelakaan ini menyebabkan bagian depan Bus Dua Dewi rusak cukup parah. Selain itu, 16 orang di dalam bus terluka. Rinciannya 1 penumpang luka berat, 13 penumpang luka ringan, serta sopir dan kondektur bus juga luka ringan.

Saat ini semua korban telah dievakuasi ke RSUD RA Basoeni, Gedeg, Mojokerto. Sedangkan korban selamat tidak mengalami luka dibawa ke kantor pengelola tol di Mojokerto untuk menunggu bus pengganti.

“Korban selamat kami arahkan ke office Mojokerto untuk menunggu bus pengganti,” jelas Zanuar.

Proses evakuasi korban dan bus berlangsung hingga pukul 06.16 WIB. Bus nahas itu telah dipindahkan ke Junkyard KM 684 Astra Tol Jomo.

Pos terkait