Petaka Dini Hari, Malang Plaza Ludes Terbakar, 15 Mobil Pemadam Dikerahkan

Plaza Malang Ludes Terbakar
Plaza Malang Ludes Terbakar

LINTASJATIM.com, MalangMalang Plaza terbakar. Api dengan cepat meludeskan mal pertama dengan eskalator di Malang itu pada Selasa (2/5/2023) dini hari.

Sebanyak 15 unit mobil PMK dikerahkan untuk memadamkan api. Sulitnya mencari air menjadi salah satu kendala dalam pemadaman. Api benar-benar dapat dipadamkan sore hari atau setelah 12,5 jam.

Sumber kebakaran di Malang Plaza diduga berasal dari lantai 3 atau gedung bioskop. Wali Kota Malang Sutiaji yang menyampaikan hal itu setelah proses pemadaman dinyatakan tuntas.

“Informasi sementara (api) diduga dari lantai tiga. Kondisinya sudah habis,” ujar pria nomor satu di Kota Malang itu, Selasa (2/5/2023).

Namun, Kasatpol PP Kota Malang Heru Mulyono belum mau untuk memastikan hal itu. Hingga saat ini dirinya masih menunggu hasil penyelidikan yang dilakukan polisi.

“Tim kepolisian yang tahu. Yang jelas tadi agak berat (saat memadamkan) di lantai 3, terutama di bioskop, di bawahnya lantai 3 terus naik ini. Terakhir di situ,” kata Heru.

Heru memperkirakan kerusakan gedung dan barang di Malang Plaza akibat kebakaran yang terjadi selama lebih dari 12 jam hampir mencapai 100%. Saat ini telah dipastikan tidak ada lagi api menyala di setiap sudut Malang Plaza.

“Kondisi kerusakan hampir 100 persen. Ya, mendekati 100 persen karena di dalamnya barang-barang mudah terbakar. Sudah selesai pukul 13.30 WIB, kami nyatakan pemadaman selesai,” ujar Heru.

Dipastikan tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini. Sebab, ketika peristiwa itu terjadi, gedung pusat perbelanjaan elektronik Malang Plaza itu dalam keadaan sudah tutup.

Meski sudah padam namun pemilik stan di Malang Plaza belum diizinkan masuk ke dalam gedung. Pantauan detikJatim, akses masuk ke Malang Plaza telah diberi garis polisi. Sejumlah personel Polresta Malang Kota juga dikerahkan untuk berjaga mencegah tidak ada yang masuk.

Pemilik stan diminta tidak memaksa masuk ke dalam lokasi kebakaran apakah untuk mengecek barangnya maupun menyelamatkan barang yang tersisa karena masih berbahaya.

“Saya minta kepada pemilik stan atau usaha di sini jangan masuk dulu,” ujar Kasatpol PP Kota Malang Heru Mulyono.

Kondisi Malang Plaza setelah kebakaran selama lebih dari 12 jam itu sekarang tampak porak poranda. Atap dan dinding alumunium telah tersingkap, menyisakan sejumlah puing yang hangus terbakar.

Meski begitu, tiang-tiang penyanggah berukuran besar masih terlihat kokoh. Tak hanya itu, beberapa stan di teras yang terpisah dari bangunan utama juga utuh tak tersambar api.

Puing-puing bangunan yang berjatuhan juga menutup jalan pada bagian lorong Timur dan Barat Malang Plaza.

Pos terkait