Mengenal Bronto Skylift, Kendaraan yang Berjasa Dalam Pemadaman Tunjungan Plaza Surabaya

Kendaraan Bronto Skylift
Kendaraan Bronto Skylift

LINTASJATIM.com, Surabaya Tunjungan Plaza Surabaya mengalami kebakaran pada Rabu, (13/4/2022). Api terlihat membesar di bagian atas gedung mal di Surabaya tersebut.

Dalam proses pemadaman tunjungan Plaza, Dinas Damkar Surabaya mengerahkan 4 unit kendaraan Bronto Skylift di lokasi TP 5 terbakar.

Bacaan Lainnya

Kendaraan ini menjadi andalan satu-satunya dalam situasi genting seperti di kebakaran yang terjadi di TP Surabaya. Kendaraan ini memang spesialis untuk memadamkan pada gedung pencakar langit.

Bronto Skylift itu kendaraan apa sih?

Lantas Bronto Skylift milik damkar ini seperti apa sih? Kami akan mengulasnya untuk anda berikut ini. Dikutip dari laman rri.co.id bahwa Mobil Bronto Skylift adalah buatan Finlandia yang menjadi kelengkapan Tim SAR Pemadam Kebakaran untuk pemadaman api di gedun g-gedung pencakar langit serta pewncarian maupun evakuasi korban di gedung bertingkat.

Untuk ukuran standar tapi sudah yang terbesar dan terpanjang, Bronto Skylift memiliki panjang 17,5 meter, tinggi 4,05 meter, dan lebar 2,6 meter. Beratnya juga mencapai mencapai 500 kg.

Bronto Skylift identik dengan mobil pemadam kebakaran yang dilengkapi oleh wahana angkat setinggi seratus meter. Bronto Skylift adalah sebuah merek dagang spesialis penyuplai truk hidrolik.

Khusus untuk mobil pemadam kebakaran, Bronto Skylift memiliki lima spesifikasi termasuk untuk penyemprotan dari udara dari ketinggian 23 meter hingga 112 meter.

Spesifikasi pertama, mobil pemadam kebakaran multifungsi seri allrounder yang di-setting untuk memadamkan api dan juga sebagai alat penyelamat pada ketinggian terbatas. 

Bronto Skylift Milik Kota Surabaya
Bronto Skylift Milik Kota Surabaya

Seri RLX adalah mobil pemadam kebakaran yang memungkinkan pemadaman dilakukan pada ketinggian 32-55 meter. RPX memungkinkan pemadaman dilakukan pada ketinggian 32 sampai 70 meter, sementara seri HLA memungkinkan pemadaman dilakukan pada ketinggian 81 hingga 112 meter. Pada umumnya, Indonesia memiliki seri TLK yang betul-betul hanya berfungsi untuk memadamkan api saja.

Kelebihan lain skylift yang dipasarkan secara global ini adalah kemampuan untuk bermanuver sehingga saat melakukan penyelamatan, korban tidak hanya bisa dievakuasi ke daratan melalui metode vertical rescue, tetapi juga bisa diamankan di gedung lain yang posisinya aman. Nama Bronto Skylift di Indonesia menjadi populer sejak kebakaran menghanguskan lantai 16 hingga 20 Wisma Kosgoro. 

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya sudah dilengkapi mobil jenis Bronto Skylift yang memiliki tangga 104 meter. Mobil pemadam canggih tersebut didatangkan sejak November 2017 lalu ini menjadi yang pertama di Indonesia. 

Selain mempunyai kelebihan mampu menjangkau ketinggian 104 meter atau sekitar 25 lantai gedung bertingkat, mobil ini juga dilengkapi dengan selubung peluncur bagi korban kebakaran yang berhasil dievakuasi dari ketinggian sekitar 50 meter.

Pos terkait