Tunjungan Plaza Surabaya Terbakar, Damkar Berjibaku Hingga Datangkan 5 Unit Kendaraan Skylift

Tunjungan Plaza Surabaya Terbakar
Tunjungan Plaza Surabaya Terbakar

LINTASJATIM.com, SurabayaDinas Damkar Surabaya mendatangkan 1 unit kendaraan Skylift tambahan. Sehingga ada 4 unit skylift di lokasi TP 5 terbakar.

Kendaraan skylift itu tiba sekitar 21.42 WIB seiring dengan kembali mengepulnya asap dari sejumlah lantai di Tunjungan Plaza yang terbakar.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Damkar Kota Surabaya Dedik Irianto mengatakan bahwa kedatangan 1 unit kendaraan skylift tambahan itu untuk membackup kendaraan lainnya.

“Backup tok mas (backup saja mas), untuk mempercepat proses pembasahan,” ujar Dedik kepada detikJatim, Rabu (13/4/2022) malam.

Sebelumnya, pantauan detikJatim di lapangan, sejak sekitar pukul 21.20 WIB asap kembali mengepul dari lantai yang tadinya sempat terbakar.

Asap mengepul dari bagian puncak gedung TP 5 Surabaya. Selain itu asap juga muncul dari sekitar lantai 5 atau 4.

Dari 3 kendaraan skylift milik Dinas Damkar di lokasi, yang tadinya saat api dinyatakan hanya ada satu Bronto Skylift yang proses pembasahan, satu lainnya kembali bekerja.

Salah satu petugas Damkar mengatakan, selain untuk menerangi, kendaraan Skylift berukuran lebih kecil itu juga untuk menyalurkan selang pemadam.

Sementara itu, pada saat proses pembasahan masih berlangsung sejumlah masyarakat setempat tau pengendara yang kebetulan melintas menjadikannya tontonan.

Kerumunan warga ini tadinya ada di sekitar lokasi pemadaman Tunjungan Plaza yang terbakar. Padahal seharusnya lokasi itu steril dari warga yang tidak berkepentingan.

Sebab itulah petugas di lokasi segera membubarkan mereka.

“Kami mohon bapak ibu yang tidak berkepentingan agar untuk sementara menjauh, berbahaya. Tolong!” Ujar salah satu petugas.

Tentang kendaraan Bronto Skylift

Mobil Bronto Skylift adalah buatan Finlandia yang menjadi kelengkapan Tim SAR Pemadam Kebakaran untuk pemadaman api di gedun g-gedung pencakar langit serta pewncarian maupun evakuasi korban di gedung bertingkat.

Untuk ukuran standar tapi sudah yang terbesar dan terpanjang, Bronto Skylift memiliki panjang 17,5 meter, tinggi 4,05 meter, dan lebar 2,6 meter. Beratnya juga mencapai mencapai 500 kg.

Source: detik.com

Pos terkait