Jumlah Ibu Hamil di Sumenep Naik Saat Pandemi

Foto Ilustrasi

LINTASJATIM.com, Sumenep – Jumlah Ibu hamil di Kabupaten Sumenep Madura menunjukkan adanya peningkatan. Menurut Agus Mulyono Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), Kabupaten Sumenep tren peningkatan itu terjadi sejak tiga bulan terakhir.

“Angka ibu hamil memang mengalami peningkatan selama tiga bulan terakhir ini,” jelas Agus, Minggu (17/05/2020).

Bacaan Lainnya

Data Dinkes Sumenep menunjukkan bulan Februari tercatat sebanyak 3.354 ibu hamil. Kemudian bulan Maret naik jadi 3.419 orang dan bulan April mencapai 3.374 ibu positif hamil.

“Kemudian ada tambahan 102 ibu hamil yang baru datang dari luar daerah. Jadi mulai Januari -Mei 2020, tercatat ada 15 ribu ibu hamil. Mereka berusia mulai 20-45 tahun,” ujarnya.

Jumlah ibu hamil bisa jadi melebihi angka tersebut. Sebab, masih banyak ibu hamil yang tidak memeriksakan kandungannya karena dalam situasi pandemi Covid-19.

“Dari ribuan ibu hamil tersebut, tercatat ada satu orang yang masuk dalam kategori orang dalam pemantauan (ODP). Ibu hamil berstatus ODP ini telah melakukan pemeriksaan di Puskesmas terdekat,” terangnya.

Meski tren kehamilan naik, kata Agus, belum tentu hal ini berkaitan anjuran pemerintah untuk tetap di rumah.

“Untuk mengambil kesimpulan itu perlu kajian khusus agar memperoleh data yang akurat berdasarkan data penelitian,” pungkasnya.

Pos terkait