Penyebab Kematian Gajah Dumbo KBS Diduga Karena Serangan Virus Herpes

Anak Gajah di KBS Mendadak Mati
Anak Gajah di KBS Mendadak Mati

LINTASJATIM.com, Surabaya – Anak gajah bernama Dumbo di Kebun Binatang Surabaya (KBS) mendadak mati beberapa hari lalu. Kematian mendadak gajah Dumbo tersebut diduga akibat serangan virus Herpes.

Hal ini berdasarkan pemeriksaan bangkai gajah yang dilakukan oleh tim dokter hewan serta Kementrian Lingkungan Hidup (KLHK).

Bacaan Lainnya

Namun, Tim KLHK masih menyelidiki untuk mencari penyebab lain kematian anak gajah tersebut.

“Ini masih kami selidiki karena kematian gajah dari diagnose sementara karema adanya virus herpes pada gajah,” ujar Kepala Seksi Pengawetan Eksitu KLHK Desy Chandradewi, saat meninjau kandang gajah di KBS, Rabu (22/12/2021).

Desy menjelaskan bahwa pihaknya sengaja berkunjung ke KBS untuk melihat langsung kondisi kandang dan lingkungan gajah. Pihaknya ingin memastikan kelayakan kandang hingga Kesehatan lingkungannya.

Desy menambahkan bahwa virus herpes memang menular ke gajah-gajah muda, khususnya pada musim penghujan, sehingga pihaknya meminta pengelola KBS untuk memperbaiki lingkungan, termasuk interaksi pengunjung dengan gajah yang muda.

Gajah-gajah muda juga diharapkan untuk dikarantina terlebih dahulu agar tidak berinteraksi dengan manusia. karena gajah mudah mudah tertular virus.

Pos terkait