MI, MTs dan MA Ma’arif NU Durensewu Pasuruan Gelar Upacara HSN 2024

LINTASJATIM.com, Pasuruan– MI,MTs,MA Ma’arif NU Durensewu menggelar upacara peringatan Hari Santri Nasional 2024 di Halaman sekolah MI Ma’arif NU Durensewu pada Selasa (22/10/2024).

Upacara yang dimulai pukul 07.00 WIB tersebut diikuti oleh ratusan siswa santriwan dan santriwati. Bapak Muadib yang juga Ketua Yayasan LP Ma’arif NU Durensewu, bertindak sebagai pembina upacara.

Bacaan Lainnya

Dalam suasana yang sederhana namun penuh khidmat, Muadib menyampaikan pesan dan motivasi kepada para santri. Ia menekankan pentingnya mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) melalui tindakan-tindakan sederhana namun bermakna, seperti rajin belajar dan berinovasi, baik dalam ilmu agama maupun teknologi.

Selain itu, Pak Muadib uga mengajak para santri untuk terus bersikap santun, baik terhadap orang tua, guru, maupun sesama.

“Santri harus bisa menjadi teladan, yang tindakannya bisa menjadi contoh bagi orang lain,” ujar Pak Muadib dalam sambutannya.

Dalam momen peringatan ini, Pak Muadib juga menekankan pentingnya menghayati dan mengamalkan Ikrar Santri. Menurutnya, ikrar tersebut merupakan pedoman dalam meningkatkan kualitas hidup, baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat.

Menutup arahannya, Pak Muadib mengingatkan seluruh siswa akan jasa para pahlawan yang mendirikan pondok pesantren sebagai pusat pendidikan yang melahirkan generasi berani dan cerdas dalam melawan penjajahan.

“Mari kita tingkatkan keteguhan hati pada Al Qur’an dan Hadits. Juga, mari kita hargai jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk mendirikan pesantren, serta melestarikan perilaku santun di tengah masyarakat,” ujar Pak Muadib.

Upacara Hari Santri Nasional di MI Ma’arif NU Durensewu diharapkan mampu memupuk rasa cinta tanah air sekaligus meningkatkan kualitas pendidikan para santri di masa mendatang.

Pos terkait