Khutbah Jumat Hari Santri Nasional (HSN) 2024 Bikin Haru Jamaah: Perjuangan Ulama dan Santri

ilustrasi hari santri nasional
ilustrasi hari santri nasional

Bukan hanya di Jawa Timur saja. Di berbagai daerah juga dilakukan perlawanan oleh para santri terhadap penjajah seperti masyarakat di Semarang yang mengadakan perlawanan ketika tentara Sekutu memasuki ibu kota Jawa Tengah itu.

Maasyiral Muslimin rahimakumullah,

Bacaan Lainnya

Dari proses perjuangan inilah, akhirnya Allah memberikan kemudahan kepada bangsa Indonesia untuk kembali meraih kemerdekaan. Masa-masa sulit yang dihadapi berganti dengan kemudahan.

Hal ini selaras dengan firman Allah dalam surat As-Syarh Ayat 5 dan 6

 فَإِنَّ مَعَ ٱلْعُسْرِ يُسْرًا إِنَّ مَعَ ٱلْعُسْرِ يُسْرًا 

Artinya: “Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Sungguh sesudah kesulitan itu ada kemudahan.”

Kemudahan dan kenikmatan yang sudah ada dalam genggaman tangan kita saat ini harus benar-benar kita pegang kuat dengan salah satunya meningkatkan kecintaan kita kepada tanah air.

KH Hasyim Asy’ari sendiri telah menegaskan dengan sebuah maqalah yang sangat populer yakni: “Hubbul wathan minal iman” yakni cinta tanah air atau nasionalisme merupakan sebagian dari iman.

Kecintaan kepada tanah air juga dicontohkan oleh Nabi Muhammad saw dalam sebuah sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dalam Shahih Bukhari, juz III, halaman 23:

 حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ، حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيلُ بْنُ جَعْفَرٍ، عَنْ حُمَيْدٍ، عَنْ أَنَسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، «أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، كَانَ إِذَا قَدِمَ مِنْ سَفَرٍ، فَنَظَرَ إِلَى جُدُرَاتِ المَدِينَةِ، أَوْضَعَ رَاحِلَتَهُ وَإِنْ كَانَ عَلَى دَابَّةٍ حَرَّكَهَا مِنْ حُبِّهَا

Artinya: “Ketika Rasulullah hendak datang dari bepergian, beliau mempercepat jalannya kendaraan yang ditunggangi setelah melihat dinding kota Madinah. Bahkan beliau sampai menggerak-gerakan binatang yang dikendarainya tersebut. Semua itu dilakukan sebagai bentuk kecintaan beliau terhadap tanah airnya.” (HR Bukhari).

Oleh karena itu Maasyiral Muslimin rahimakumullah, Pada kesempatan mulia ini, mari kita senantiasa berterimakasih kepada para ulama dan santri yang telah menjadi syuhada dalam perjuangan merebut kemerdekaan.

Mari teladani perjuangan mereka yang terbukti dalam sejarah menjadi bagian penting dalam mengobarkan semangat berjuang mengusir penjajah dari negeri Indonesia.

Jasa mereka menjadikan bangsa Indonesia menikmati manis dan nikmatnya udara merdeka sehingga bisa beraktivitas dan beribadah dengan nyaman dan khusyuk. Allah berfirman dalam Surat Luqman, ayat 12:

BACA HALAMAN BERIKUTNYA..

Pos terkait